Tepis Polri, Jubir TPNPB-OPM Sebby Sambom Ungkap Struktur Organisasi

Gambar dan Teks Sumber: Detik.com

Inilahjambi – Polri menyebut kelompok kriminal bersenjata Egianus Kogoya memiliki atasan berinisial PU. Komando Nasional Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB-OPM) mengaku tidak mengetahui siapa PU.

Baca lagi : Hadiri Workshop Tim Jokowi, Yusril Usul Bentuk Tim Hukum Cyber

“Dalam Komposisi Militer TPNPB Komando Nasional kami tidak kenal PU itu. Apalagi tidak ada nama. Siapakah PU itu?” kata juru bicara TPNPB-OPM saat dihubungi detikcom, Jumat 14 Desember 2018.

Sebby menjelaskan Egianus Kogoya adalah Panglima KODAP III Ndugama, Papua. Sementara panglima tinggi mereka yaitu Gen Goliath Tabuni.

“Struktur Komando Nasional TPNPB sudah jelas. Panglima Tinggi, General Goliath Tabuni. Wakil Panglima, Letjen Gabriel M. Awom,” ujarnya.

Sementara Kepala Staf Umum yakni Mayjend Terryanus Satto. Posisi juru bicara Sebby Sambom.

“Komandan Operasi Perang, Mayjen Lekagak Telenggen dan selanjutnya ke Komando Daerah Pertahanan (Kodap-Kodap). Kita mempunyai 29 Kodap di seluruh wilayah territory West Papua,” tuturnya.

Polri sebelumnya menjelaskan Egianus Kogoya punya atasan berinisial PU yang merestui pemyerangan kamp pekerja PT Istaka Karya di Yigi, Nduga, Papua.

“Diduga ikut merestui terjadinya penyerangan tersebut. Panglima tersebut atas nama PU dan di bawah-bawah, kaki-kakinya pun juga memiliki daya operasi yang ada di Nduga tersebut,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu 12 Desember 2018.

Dedi menjelaskan, di dalam KKB, ada pemimpin yang aktif di lapangan, seperti Egianus, dan ada yang hanya di balik layar, seperti PU. Dalam struktur KKB, lanjut Dedi, jabatan PU lebih tinggi daripada Egianus.

Baca lagi : Bantah Berzina, Billy Syahputra Diperiksa Polisi

“Saudara PU yang membawahi panglima-panglima tersebut. Mereka berkelompok melakukan penyerangan. Kurang-lebih 50 orang,” ucap Dedi.

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN