Ternyata Buah Surga Ini Banyak Manfaat Untuk Rumah lho! Apa saja?

Inilahjambi-Jika pisang menjadi salah satu buah wajib di rumah Anda —biasanya dikonsumsi untuk sarapan atau makan malam saat Anda diet—sebaiknya jangan langsung membuang kulitnya.

Pasalnya kulit buah yang berdaging lembut ini memiliki banyak manfaat untuk beberapa barang di rumah Anda. Apa saja manfaatnya? Simak infonya berikut ini.

Sebagai pupuk

Tanpa perlu Anda susah-susah mengolahnya, kulit pisang bisa dijadikan pupuk. Anda bisa langsung meletakkan atau menguburnya di halaman rumah.

Namun, jika ingin halaman rumah tidak dipenuhi sampah kulit pisang, lebih baik hancurkan dahulu dengan memotong kulitnya kecil-kecil sebelum disebar. Memotongnya juga membantu kulit pisang cepat luruh dan terserap oleh tanah.

Nutrisi yang terkandung pada kulit pisang seperti magnesium, potasium, kalsium, sodium, dan fosfat akan membantu menyuburkan tanaman dan memberikan makanan bagi cacing tanah.

Hasilnya, tanah menjadi kaya akan mineral sehingga membuat tanaman cepat berkembang dan menghasilkan buah.

Membuat sofa kulit lebih mengilap

Sofa yang sudah tua ataupun yang berbahan licin, misalnya sofa kulit atau jok mobil yang licin biasanya cenderung kusam jika jarang dibersihkan dan sudah berusia tua. Anda pun bisa mengilapkannya kembali dengan kulit pisang.

Gosokkan kulit pisang secara perlahan ke permukaan sofa lalu bersihkan kembali dengan lap bersih. Selain sofa, kulit pisang juga membantu membuat jaket kulit menjadi lebih berkilau.

Menghalau hama

Hancurkan kulit pisang dengan ditumbuk hingga teksturnya halus. Lalu sebarkan bubur kulit pisang ke pinggiran halaman Anda. Bubur kulit pisang ini ampuh untuk mencegah siput atau bekicot yang hobi memakan daun tanaman Anda.

Penyaring air

Air tanah rumah Anda cenderung mengandung besi atau logam lainnya sehingga tak aman dikonsumsi, bahkan bisa jadi tak aman untuk dijadikan air berkumur. Masukkan kulit pisang ke dalam ember yang airnya akan Anda gunakan untuk mandi atau membersihkan wajah.

Kulit pisang dapat menyerap kotoran dan racun yang ada di dalam air sehingga membuat air menjadi lebih bersih dari sebelumnya. Demikian penelitian yang dilakukan Biosciences Institute di Botucatu, Brasil.

Mempercantik barang perak

Siapkan peralatan yang akan Anda bersihkan lalu gosokkan kulit pisang pada permukaan peraknya dengan gerakan memutar. Setelah itu, bilas peralatan perak Anda dengan air hangat dan lap kembali dengan handuk kering.

Peralatan perak akan terlihat lebih bersih, mengilap, dan seperti baru kembali. Tak hanya barang perak, sepatu dan furnitur yang terbuat dari kayu pun bisa Anda bersihkan dengan kulit pisang.

Anda cukup menggosokkan permukaannya dengan kulit pisang lalu membersihkannya kembali dengan lap basah.

*Sumber: rumah.com

(Renny N)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]

Tinggalkan Balasan

SOROTAN