Sen. Des 17th, 2018

Tujuh Blok Lapas Jambi Kebanjiran

Lapas Jambi jebol/Foto: ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Inilahjambi – Banjir merendam tujuh blok ruang tahanan Lapas Kelas II-A Jambi. Akibatnya, sebanyak 198 tahanan harus dievakuasi.

“Ada 198 napi yang kita evakuasi akibat banjir ini. Napi itu ialah napi lansia, napi yang sakit, serta napi yang sel tahanan mereka sudah terendam air yang tinggi. Mereka semua kita evakuasi ke tiga blok yang tidak terendam banjir. Di dalam lapas ini, ada 10 blok, tujuh di antaranya telah terendam banjir,” kata Kalapas Jambi Yusran Sa’ad Selasa 4 Desember 2018.

Baca juga: Breaking News: Lapas Jambi Jebol Dihantam Banjir, Napi Berhamburan Keluar!!!

Banjir terjadi akibat hujan lebat turun di Kota Jambi selama kurang-lebih empat jam mulai Senin 3 Desember 2018 sore. Hujan yang tak kunjung berhenti hingga malam membuat Lapas Kelas II-A Jambi kembali terendam banjir.

Hingga Selasa 4 Desember 2018, pukul 02.00 WIB, personel TNI-Polri ikut berjaga di sekitar lapas. Sementara itu, air masih menggenangi tujuh blok bangunan lapas.

“Polisi serta TNI itu sifatnya hanya berjaga-jaga agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan saja. Sekarang ini hujan sudah mulai reda, tetapi air kiriman dari hulu sana masih deras, jadi lapas masih terendam banjir,” ujar Yusran.

Lihat berita16 Napi Kabur dari Lapas Jambi, Kapolresta Akan Cari Sampai Ketemu

Menurut Yusran, Lapas Kelas II-A Jambi memang kerap menjadi langganan banjir setiap hujan deras tiba. Banjir terjadi karena buruknya saluran drainase di dalam lapas.

“Masalah saluran drainase yang buruk itulah yang menjadi penyebab lapas Jambi ini selalu saja kebanjiran. Kita berharap Pemerintah Provinsi ataupun Kota cepat bertindak untuk menangani permasalahan seperti ini. Jika lapas ini masih ingin digunakan, maka harapan kita saluran drainase bisa segera diperbaiki,” imbuhnya.

 

 

Sudah dibagikan