Usai Lihat Pameran Senirupa, Zola Imbau Siswa Jambi Datang Langsung ke Tempoa Inn Jelutung

Inilahjambi, JAMBI – Gubernur Jambi Zumi Zola mengimbau agar para siswa SMA/SMK di Provinsi Jambi dapat belajar langsung dengan seniman yang ada di daerah ini, dalam mata pelajaran seni dan budaya di sekolah, termasuk datang ke pameran-pameran seni yang tengah digelar.

Zola mengatakan, dengan belajar langsung dengan senimannya, maka para siswa dapat bertanya langsung tehnik dan teori seni, termasuk lukisan dan fotografi.

“Saya imbau para siswa agar belajar dan datang langsung ke senimannya selama 2 jam pelajaran, karena dapat langsung bertanya terkait teknik dan teorinya,” kata Zola usai mengunjungi pamaren foto dan lukisan di Tempoa Inn, Jelutung Jambi, 25 April 2017.

Dengan datang langsung, lanjut Zola, para siswa yang ada bakat seni dapat beriteraksi dengan seniman yang telah lebih dulu berkarya, sehingga dapat memperdalam ilmu yang dimiliki.

Dalam kesempatan itu, Zola mengapresiasi sejumlah lukisan, foto dan patung yang digelar dalam pameran yang bertema “Jejak Visual” sejak 4 April hingga 1 Juli 2017 mendatang.

Salah satu fotografer yang karyanya digelar di pameran tersebut, Sakti Alam Watir mengatakan, selain karya seniman Jambi, ada lukisan dan foto-foto karya fotografer dari Jakarta yang juga turut dipamerkan di tempat tersebut.

“Ada 35 foto, 16 lukisan, 5 patung dan 5 karya lukisan Harkopo Lie,” kata Sakti.

Jejak visual, ujar Sakti, merefleksikan karya-karya perupa Jambi yang sebagian besar telah meninggal dunia.

Baca juga:

“Ada 6 karya pelukis Jambi yang telah meninggal dunia. Karya-karya mereka kebetulan saya koleksi ketika mereka masih hidup. Jadi “Jejak Visual” dapat dikatakan sebagai pameran yang didedikasikan bagi para perupa yang telah almarhum ini,” lanjut Sakti lagi.

Enam seniman yang karyanya dipamerkan di Tempoa, yakni Maramuda Pakpahan, Muhidin, Subardjo, Arifin Ahmad, Sudjanto, Tukiran. Para perupa yang ikut berperan membesarkan dunia seni rupa di Jambi sejak tahun 1980-an.

Di sisi lain, terdapat 11 lukisan diri perupa Jambi Fauzi Z yang dibuat oleh pelukis dari berbagai daerah, seperti Lampung, Padang, Jambi, Jogjakarta dan Jakarta.

“Pak Fauzi sendiri menyumbangkan 5 karyanya untuk dipajang dalam pameran ini. Kemudian ada lima patung karya Sumardi. Ditambah 35 foto karya fotografer Jambi dan Jakarta,” papar Sakti lagi.

 

 

 
(Nurul Fahmy)

Bagikan
HOT NEWS