Runyamnya Urusan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jambi, 2 Minggu Bolak Balik Belum Kelar Juga…

Inilah Jambi

Inilah Jambi

Bagikan:

Runyamnya Urusan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jambi, 2 Minggu Bolak Balik Belum Kelar Juga…


Inilah Jambi – Sejumlah wajib pajak di  Jambi mengeluh dengan urusan pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPPP) Jambi. Pelayanan di kantor ini dinilai masih sangat ribet sehingga bikin runyam.

Seorang wajib pajak yang ditemui inilahjambi mengaku sudah dua minggu dia menggurus faktur pajak di kantor tersebut, tapi belum selesai juga. Sehingga pekerjaan lain di luaran jadi terbengkalai. Beberapa warga bahkan mengeluh sakit kepala karena berbelitnya urusan di sana.

“Prosesnya panjang sekali  hanya untuk memperoleh faktur pajak. Ini sangat menyulitkan sekali. Mulai sejak melengkapi data hingga keluarnya faktur tersebut sangat menyulitkan kami sebagai wajib pajak,” ujar wajib pajak itu kepada inilahjambi, Selasa 25 April 2017.

“Saya mulai dari awal dua minggu lalu, tapi hingga kini masih menunggu. Disuruh bolak-balik, ini itu. Sudah 2 minggu bolak-balik kantor pajak, tapi tidak juga selesai. Prosesnya berbelilit sekali, sakit kepala saya,” ujarnya lagi.

Dia menjelaskan, sebelum mendapatkan kode pasword faktur pajak, pihak wajib pajak harus melengkapi data Perusahaan Kena Pajak (PKP) dengan harus menunggu, mulai dari survey tempat, masuk data, proses data hingga terbitnya sertifikat.

Baca juga:

“Prosesnya dilakukan tanpa ada kejelasan kapan hal itu selesai. Setiap saya kesana petugas pelayanan hanya bilang berkas masih disini atau disana, tunggu dikabari saja, kemudian saya dilempar untuk menanyakan prosesnya ke bagian lain,” keluhnya.

Hal yang sama juga terjadi kepada warga lainnya yang ditemui inilahjambi. Dia mengeluhkan proses pembuatan NPWP dan E pin (pin elektronik) yang diprogramkan Kantor Pajak saat ini.

Tidak hanya proses pengurusan, antrean yang panjang wajib pajak juga terlihat tidak lazim di kantor yang berada di bawah koordinasi Kementerian Keuangan tersebut.

“Kami ini mau bayar pajak, mengeluarkan uang untuk menjalankan kewajiban terhadap negara. Tapi mengapa sesulit ini. Sulit atau dipersulit sih. Birokrasi yang rumit sekali,” keluhnya sekali lagi.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jambi hingga saat ini belum dapat dimintai keterangan terkait sulitnya proses wajib pajak di kantornya.

(Rey)

Bagikan:
SOROTAN