Video: Alamak, Asap Sampai ke Negara Tetangga, Upin Ipin Pun Pakai Masker

Inilahjambi, JAMBI – Kabut asap yang melanda Sumatera dan Jawa sejak beberapa bulan belakangan ini sampai juga ke negara tetangga, Singapura.

Korban di Jambi sudah jatuh. Seorang bayi meninggal dunia karena pasokan oksigen ke tubuhnya terganggu karena kabut asap. Anak-anak memang rentan terserang penyakit, terutama ISPA, karena asap ini.

Baca: Bayi Meninggal di Jambi, Menkes: Faktor Utama Karena Asap Ganggu Kadar Oksigen ke Anak

Episode Ipin Upin dengan judul ‘Bahaya Jerebu (asap)’ yang diunggah pada 14 September lalu juga menyititir soal bahaya asap.

Ipin Upin harus mengenakan masker, karena kata Nenek, asap berbahaya bagi kesehatan. Ipin Upin juga bersama atu sang kakek menasihati orang-orang agar tak membakar sembarangan karena membuat bencana asap.

Poin lainnya, betapa asap mengganggu Ipin Upin yang tak bisa bermain bebas di luar. Di sekolah Ipin Upin dan teman-temannya juga memakasi masker.

Ibu guru di sekolah menerangkan bahaya asap dan penyebabnya. Asap berasal dari pembakaran lahan dan hutan. Asap menyebabkan batuk dan demam. Hanya hujan yang bisa menyelesaikan bahaya asap.

Postingan video Ipin Upin tentang bahaya jerebu ini banyak diposting pengguna facebook asal Malaysia sehingga menjadi viral. Tapi rupanya, hal ini mengundang reaksi para warga Indonesia.

Lihat dulu: Asmanya Kambuh Karena Asap, Bocah ini Nekad Tulis Surat ke Jokowi, Baca Isinya..

Selain di facebook, di komentar di laman YouTube juga ramai berkomentar. Ada yang suka ada yang tak suka dengan tayangan Ipin Upin yang jenaka ini.

Anda sudah menonton tayangan ini? Bagaimana menurut Anda?

 

(IJ-001)

Bagikan
HOT NEWS