Zola Harap Penelitian SEM Institute-BI Dorong Kemajuan UMKM

Inilah Jambi

Inilah Jambi

Bagikan:

Zola Harap Penelitian SEM Institute-BI Dorong Kemajuan UMKM


Inilah Jambi – Gubernur Jambi Zumi Zola berharap agar penelitian SEM Institute dan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Jambi mendorong kemajuan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Provinsi Jambi.

Hal itu dikatakan oleh Zola saat menerima Audiensi BI Perwakilan Provinsi Jambi dan SEM Institute, Kamis 8 Juni 2017 di Rumah Dinas Gubernur Jambi.

Kepala BI Perwakilan Jambi membawa lembaga dan konsultan penelitian SEM Institute sebagai partner kerja Bank Indonesia, yang akan melakukan survei terhadap sepuluh Komoditas Produk Jenis Usaha (KPJU) unggulan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di setiap daerah kabupaten/kota Provinsi Jambi. Namun, penelitian juga dapat melebar pada sektor produktif lainnya.

Zola menyatakan, hasil penelitian SEM Institute bersama Bank Indonesia menjadi masukan penting dalam pengembangan UMKM dan sector terkait lainnya. “Ada konsultan yang dibawa Bank Indonesia turun kecamatan, semua akan didampingi juga Pemkab, Pemkot, punya produk produk unggulan,” ujar Zola.

Zola berharap penelitian yang dilakukan dengan baik mampu menghasilkan data valid yang dapat dipercaya guna menentukan arah kebijakan pembangunan di berbagai sektor “Hasil penelitian tentukan arah kebijakan program kerja kita untuk tahun berikutnya,” tegas Zola.

“Hasil penelitian terkait produk unggulan daerah diharapkan mampu mengerakkan UMKM di Jambi agar terus berkembang maju. Kaji mana yang benar-benar jadi produk unggulan, nanti hasil penelitian ada paparan bukan hanya pangan non pangan, juga dicari apa yang berpotensi,” lanjut Zola.

Zola menambahkan bahwa Provinsi Jambi memiliki daerah dengan dataran tinggi penghasil kulit manis, kopi, nilam, kentang, serta daerah pesisir mampu menghasilkan ikan, kelapa, pinang yang sangat menopang perekonomian masyaraka.

(Humas Prov Jambi)

Bupati Merangin Al Haris Bagikan Gratis 20 Gerobak UMKM ke Pedagang


Inilah Jambi,  – Bupati Merangin H Al Haris didampingi Ketua TP PKK Merangin Hj Hesti Haris, Jumat 20 Mei 2016 membagikan 20 unit gerobak dorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ke para pedagang di Pasar Bawah Bangko.

Pembagian gerobak dorong UMKM secara cuma-cuma itu, menurut bupati merupakan wujud tanggungjawab dan keperdulian Pemkab Merangin dalam mengembangkan UMKM.

“Hal ini sesuai dengan visi dan misi saya dan Pak Wabup untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan. Kita usahakan tahun depan lebih banyak lagi gerobak dorong UMKM yang diberikan kepada para pedagang,” ujar Bupati.

Kalau dilihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS) 2014-2015 jelas bupati, penduduk yang paling miskin itu terdapat di Kota Bangko. Diakui bupati selama ini program mengentaskan kemiskinan hanya fokus di pedesaan.

Padahal lanjut bupati, masih banyak warga Kota Bangko yang dihidup di bawah garis kemiskinan. Masih banyak penduduk yang tidak punya rumah dan mengontrak sampai puluhan tahun, karena tidak mampu membeli rumah.

Mayoritas warga Kota Bangko yang hidup di bawah garis kemiskinan itu, berprofesi sebagai buruh. Kedepannya bupati berencana membuat program perumahan masyarakat, sejenis rumah susun kalau di kota besar.

“Jadi nanti kita data, ada berapa banyak warga Kota Bangko yang hidupnya mengontrak rumah orang lain hingga lebih dari 20 tahun. Warga yang tidak mampu membeli rumah inilah, nanti yang bisa menempati perumahan masyarakat,” terang Bupati.

Selain itu bupati juga akan membangun sebanyak 100 kios pedagang di Pasar Rakyat yang akan dibangun dikawasan eks Terminal Bus Bangko. Di pasar itu akan ada pasar central cinderamata, pasar serba makanan dan pasar busana.

Kepala Dinas Perindustrian dan Koperasi Kabupaten Merangin Sardaini menambahkan, 20 unti gerobak dorong UMKM yang diberikan ke pedagang itu, dibagi dalam berbagai jenis pedagang baca selengkapnya .

(Kil)

Bagikan:
SOROTAN