Zumi Zola Akan Bicara Soal Sastra dalam Seminar Nasional Kesastraan 2016 di Jambi

BERITA JAMBI TERKINI

Zumi Zola Akan Bicara Soal Sastra dalam Seminar Nasional Kesastraan 2016 di Jambi

Inilah Jambi – Kantor Bahasa Provinsi Jambi menggelar Seminar Nasional Kesastraan. Kegiatan ini akan dilaksananakan pada 26 Juli 2016 di Hotel Novita, Jambi.

Ketua Panitia Seminar Nasional Kesastraan, Fitria Dian Saputra, mengatakan, para pembicara dalam kegiatan ini adalah Gubernur Jambi Zumi Zola STP MA, Prof Dr Dadang Sunendar, Prof Dr Suwardi Endraswara, dan Prof Dr Faruk Tripoli.

“Dalam agenda kami, Gubernur Jambi Zumi Zola akan didaulat sebagai pembicara. Beliau akan memaparkan persoalan sastra secara umum. Pembicara lain adalah para pakar sastra dari berbagai universitas di Pulau Jawa, termasuk Kepala Badan Bahasa,” kata Fitria, Selasa 31 Mei 2016.

Menurut Fitria, para peserta yang akan ikut dalam seminar ini harus mendaftar jauh-jauh hari kepada panitia, sebab jumlah peserta yang terbatas, dan tingginya minat masyarakat untuk jadi peserta.

“Jadi peserta kami batasi sebanyak 160 orang. Para calon peserta harus mendaftar dengan cara mengisi formulir ke panitia di Kantor Bahasa Jambi. Pendaftaran tidak dipungut biaya,” kata Fitria lagi.

Mengingat tingginya minat peserta dan terbatasnya kuota, panitia berharap para calon peserta segera mendaftar. Namun panitia tetap akan memilih peserta yang memenuhi kriteria sebagai calon peserta seminer ini.

“Pendaftaran sendiri akan ditutup pada 11 Juni 2016. Tapi akan ditutup apabila telah memenuhi kuota, walaupun tidak sampai tanggal tersebut. Para calon peserta yang diharapkan mendaftar yakni dari kalangan pendidik (guru/dosen), peneliti sastra/bahasa, mahasiswa, seniman, sastrawan, budayawan dan peminat sastra,” ujarnya.

Tujuan penyelenggaraan seminar sastra ini, kat Fitria, untuk menggali dan mengembangkan potensi dalam berapresiasi sastra, sehingga tercipta budaya literasi yang cermat dan kritis.

“Kegiatan ini juga bertujuan mewadahi kaum pendidik, seniman/sastrawan, dan budayawan untuk menjalin kerjasama dan bertukar informasi, agar budaya literasi ini bisa tercipta dalam lingkungan masyarakat pada umumnya, termasuk di dunia pendidikan,” pungkas Fitria.

 

Update:

 

(Nurul Fahmy)

 

Gubernur Jambi Buka Seminar Nasional Kesastraan dan Lantik Pengurus Hiski

Inilah Jambi – Gubernur Jambi Zumi Zola membuka kegiatan Seminar Nasional Kesastraan di Hotel Novita, pada Selasa 26 Juli 2016 sekaligus melantik pengurus Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia Komisariat Jambi.

Gubernur dalam paparannya mengatakan, pentingnya kegiatan literasi (baca-tulis) dalam masyarkat.

“Masyarakat kita lebih banyak menghabiskan waktu untuk menonton, sementara membaca kurang. Padahal, di negara maju, kegiatan membaca dan menulis merupakan kebutuhan masyarakat,” kata Zola.

Hadir dalam Seminar Kesusastraan tersebut Pimpinan Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud, Dadang Sunendar, Disdik Provinsi dan Kota Jambi dan serta seluruh pengurus HISKI Provinsi Jambi. Baca selengkapnya 

 

(*/)

 

Bagikan
HOT NEWS