Sab. Okt 20th, 2018

Eko CE Jadi Tersangka, Praktisi Hukum: Aparat Harus Transparan dan Objektif

Inilahjambi – Zahrudi Eko Syailendra putra Bupati Sarolangun Cek Endra telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penganiayaan terhadap Jamila. Penetapan Tersangka dilakukan pada Senin 6 November 2017 usai pemeriksaan yang bersangkutan di Polsekta Telanaipura.

Pemerhati sekaligus praktisi hukum Fikri Riza mengingatkan agar aparat berlaku objektif dan transparan dalam mengusut kasus ini.

Menurut dia, kasus yang melibatkan anak seorang Bupati ini telah menjadi atensi publik di Jambi khususnya. Setiap perkembangannya menjadi perhatian serius.

Bukan saja pekembangan kasusnya, namun langkah-langkah penyidik dalam menangani kasus ini juga jadi sorotan publik.

“Penyidik hendaknya hati-hati dalam kasus ini. Jangan gegabah dan berlakulah objektif serta transparan,” kata kandidat Doktor hukum ini kepada Inilahjambi. Selasa 7 November 2017.

Menurut Fikri, kasus-kasus yang melibatkan orang-orang penting termasuk keluarganya akan menjadi acuan masyarakat apakah hukum itu tajam juga ke atas. Sebab, selama ini, kata dia,  muncul anggapan dari masyarakat kasus yang melibatkan orang penting termasuk orang berduit akan hilang begitu saja tanpa proses hukum yang jelas.

“Dalam soal ini,  publik menunggu bukti apakah semua orang sama di mata hukum,” tegas Fikri.

Sementara itu. kuasa hukum Jamilah, Warfian yang dikonfirmasi inilahjambi mengaku telah mendapatkan informasi dari penyidik bahwa Zahrudi Eko Syailendra ditetapkan sebagai tersangka.

“Saya dihubungi penyidik dan diberitahu bahwa pemeriksaan telah dilakukan terhadap terlapor dan telah ditetapkan status terlapor sebagai tersangka,” kata Warfian.

Namun sampai saat ini, aku Warfian, dirinya belum menerima Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) dari penyidik.

” Kami belum menerima SP2HP dari penyidik. Seharusnya surat itu segera diterbitkan. Satu lagi yang kami belum ketahui adalah alasan penyidik mengapa Tersangka tidak ditahan. Kami belum mendapat alasan dari penyidik,” kata Warfian.

 

Lihat juga:

Eko CE Jadi Tersangka Penganiaya Wanita. Kuasa Hukum: Mengapa Dia Belum Ditahan?

 

 

 

(Nurul Fahmy)

Payoo komen Bro...

- ---
Sudah dibagikan