Badan Restorasi Gambut (BRG) Gelar Sosialisasi Pemetaan LIDAR di Hotel Aston Jambi

Inilahjambi – Badan Restorasi Gambut (BRG) menggelar Sosialisasi Pemetaan LIDAR di Kesatuan Hidrologi Gambut (KHG) Sungai Batanghari – Sungai Mendahara, bertempat di Hotel Aston, Kota Jambi, Kamis 23 November 2017.

BRG yang didukung oleh MCA Indonesia menyadari pentingnya pengadaan data spasial yang relevan terkait dengan perencanaan kegiatan restorasi, revegetasi dan revitalisasi lahan gambut yang rusak.

Dalam pemetaan LIDAR ini, PT ASI Pudjiastuti Geosurvey (APG) ditunjuk sebagai pelaksana kegiatan tersebut.
Sekretaris TRGD Provinsi Jambi, Soni Pratono menyebutkan Kegiatan ini bertujuan untuk memetakan kawasan hutan gambut secara rinci, termasuk topografi, tutupan lahan, kondisi hidrologi dan estimasi kandungan karbon vegetasinya.

”Ada 2200 hektar lebih lahan gambut di Jambi yang akan kita lakukan pemetaan lidar ini,” ungkapnya.

Sementara itu, manfaat dari kegiatan ini tidak hanya bagi BRG tetapi bagi instansi lainnya baik di pusat, provinsi, maupun daerah. Khususnya terkait dengan pemetaan tutupan lahan, perencanaan restorasi lahan gambut yang rusak, perhitungan cadangan karbon, atau perencanaan kegiatan revitalisasi kawasan gambut yang rusak.

Ditempat yang sama, Associate director Participatory Land Use Planning MCA, Sigit Widodo menambahkan, kegiatan ini akan dikerjakan dalam waktu dekat dan target pelaksanaannya selama lima bulan.

”Khususnya jambi biaya kegiatan ini termasuk yang terbesar dari provinsi lainnya. Pada KHG pertama ini, kita akan mulai melakukan pemetaan restorasi gambut dalam waktu dekat ini,” ujar Sigit Widodo kepada awak media.

 

 

(Olivia Admira)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan sumber dengan link berita terkait, bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita ini. Mari bersama menghargai karya jurnalistik.
SOROTAN
error: OPPPS, MAU NGAPAIN? Konten ini dilindungi !!