Bakal Buka Ratusan CPNS, BKPSDM Batanghari: Hati- Hati Penipuan

Inilahjambi.com, BATANGHARI – Dibeberapa kabupaten/ kota dalam wilayah Propinsi Jambi saat lagi gencar membicarakan pembukaan CPNS, karena saat ini hampir seluruh kabupaten kekurangan PNS, terutama untuk guru.

Seperti di Bumi Serentak Bak Regam ( Kabupaten Batanghari) kekurang PNS sampai ribuan orang sudah berlangsung sejak bertahun – tahun lalu. Dan penyebab dari kekurangan PNS tersebut banyak PNS masuk usia pensiun.

Dan dikabarkan ada penerimaan CPNS pada tahun 2018 ini sekitar 255 , tentunya hal yang ditunggu tunggu oleh Pemkab Batanghari sendiri. “Tahun ini batanghari mendapat kuota penerimaan CPNS sebanyak 255 yang terdiri dari guru, tenaga kesehatan dan tenaga tekhnis lainnya,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Batanghari M Rifa’i Kadir, Selasa (18/9).

Dan untuk kuota 255  CPNS yang bakal di terima di daerah itu terdiri dari 10 orang guru honorer Kategori 2 (K2), 190 orang guru Sekolah Dasar (SD), 27 orang tenaga kesehatan dan 28 orang tenaga tekhnis lainnya.

Rifa’i mengatakan, kuota tersebut berdasarkan usulan yang di sampaikan oleh pemerintah daerah kepada Kementrian Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Terkait tekhnis pendaftaran CPNS tersebut, pemerintah daerah itu masih belum dapat menjelaskan secara detail bagaiamana cara pendaftarannya, namun yang pasti pendaftaran CPNS tersebut di lakukan secara on line. Sehingga setiap orang yang ingin mendaftar tidak dapat mendaftarkan dirinya lebih dari satu formasi. Sementara itu, juklak dan juknis pendaftaran CPNS tersebut dikeluarkan oleh Kemenpan RB bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Pada hari ini kita akan mendapatkan penjelasan terkait juklak dan juknis penerimaan CPNS dari BKN regional 7 unit Jambi,” kata M Rifa’i.

Sementara itu, Pemkab daerah itu berpesan kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya dan tertipu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Jika masyarakat mendapat kendala dalam proses pendaftaran penerimaan CPNS, masyarakat dapat mendatangi kantor BKPSDMD di daerahnya guna mendapatkan penjelasan.

Terkait pelaksanaan tes penerimaan CPNS, di Provinsi Jambi akan dilakukan di tiga lokasi. Pertama akan dilakukan di Unit Pelaksana Teknis BKN Regional 7 Unit Jambi, kedua dilakukan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Titian Teras (TT) dan selanjutnya akan dilakukan di Kabupaten Muaro Bungo. Pendaftaran penerimaan CPNS secara nasional akan di buka pada tanggal 19 September 2018.

“Untuk Batanghari kemungkinan besar pelaksanaan tesnya akan di lakukan di SMA TT atau di Unit pelaksana tekhnis BKN Regional 7 Unit Jambi.” Jelas Kaban BKPSDM Batanghari itu.

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN