CPNS 2018 Segera Dibuka, Kemenpan RB Minta Kalian Siapkan Sejumlah Hal ini Sebelum Tes

Inilahjambi – Lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan kembali dibuka pada tahun 2018. Masyarakat diminta bersiap untuk mengikuti seleksi menjadi seorang abdi negara tersebut.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Herman Suryatman, mengimbau kepada masyarakat yang menunggu pembukaan CPNS ini untuk bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi tes seleksi nantinya.

“Persiapkan diri dari sekarang misalnya latihan simulasi CAT, latihan soal, nanti penerimaannya akan diumumkan secara resmi oleh pemerintah. Melalui portal PAN-RB atau BKN, atau portal instansinya masing-masing,” kata Herman dilansir detik.com,, Kamis 28 Desember 2017.

Lantas, seperti apa soal dari seleksi CPNS tahun depan?

Berita terkait :

220 Ribu PNS akan Pensiun, Pemerintah Siap Rekrut 110 Ribu CPNS Tahun 2018 Besok

Herman mengungkapkan soal yang akan diberikan dalam seleksi CPNS tahun 2018 tak jauh berbeda dengan soal pada seleksi CPNS 2017.

Soal-soal yang diberikan akan mencakup tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), serta tes karakteristik pribadi (TKP). Semua soal itu akan diberikan dalam seleksi kompetensi dasar (SKD).

“Kalau untuk SKD ada soal TWK, tes intelektual umum, dan tes karakter pribadi. Seperti itu model soalnya,” kata Herman lagi.

Herman menjelaskan, proses seleksi pada penerimaan CPNS 2018 sama dengan penerimaan CPNS 2017 ini. Dimana para peserta akan mengikuti SKF di tahap pertama serta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Semua proses itu menggunakan sistem tes berbasis komputer atau computer assisted tes (CAT).

“Sama melalui SKD dan SKB, itu menggunakan CAT. Jadi latihan saja, jangan galau terhadap persoalan CPNS ini,” katanya.

 

 

(Olivia Admira)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Mari bersama menghargai karya jurnalistik.
SOROTAN