Facebook Diam-diam Bikin Ponsel Bongkar Pasang?

Inilahjambi – Beberapa tahun lalu, Facebook sempat dikabarkan bakal merilis ponsel buatan sendiri meski akhirnya hanya meluncurkan aplikasi launcher Android bernama Home.

Belakangan, kembali muncul dugaan bahwa Facebook diam-diam sedang mengembangkan smartphone. Dasarnya adalah paten yang diajukan oleh Facebook pada pekan lalu.

Paten yang bersangkutan menyangkut “perangkat elektromekanikal modular” berisi mikrofon, speaker, layar sentuh, dan GPS, selain bisa berfungsi sebagai telepon.

Dengan kata lain, Facebook kemungkinan mematekan sebuah desain ponsel modular atau bongkar pasang. Penggunaan hardware modular memungkinkan pengguna perangkat untuk mengganti komponen-komponen yang berbeda secara mandiri.

Konsep ini mirip-mirip dengan smartphone modular Project Ara yang sempat dikembangkan Google tapi kemudian batal meluncur.

Selain ponsel, paten yang bersangkutan juga menerangkan bahwa perangkat dimaksud bisa dibuat berupa speaker musik ala Amazon Alexa.

Dugaan Facebook sedang mengembangkan ponsel modular menguat lantaran Building 8 -tempat Facebook mengembangkan proyek-proyek masa depan- kini dipimpin oleh Regina Dugan.

Regina Dugan sebelumnya memimpin grup Advanced Technology and Projects (ATAP) Google, yang antara lain mengembangkan smartphone modular Project Ara.

Sejumlah orang lain yang dulu mengembangkan Project Ara di Google pun kini bekerja sebagai bagian dari tim Building 8 di Facebook, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Senin 24 Juli 2017.

Tentu, sebagaimana layaknya teknologi yang masih berupa paten, belum diketahui benar apakah perangkat modular Facebook tersebut akan benar-benar mewujud dalam bentuk produk nyata.

 

 

(Sumber: kompas.com)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN