Fachrori: Dana Desa Harus Dikelola Secara Transparan dan Akuntabel

Fachrori: Dana Desa Harus Dikelola Secara Transparan dan Akuntabel

Baca juga:

Inilah Jambi – Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengemukakan, penggunaan dana desa dalam menjalankan sebuah program hendaklah secara transparan dan akuntabel, agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Hal itu dilakukan dalam rangka meningkatkan fungsi pengawasan, pengawalan, dan partisipasi aktif dalam menciptakan transparansi penyaluran dan penggunaan Dana Desa dengan mengedepankan peran Bhabinkamtibmas dan kepala desa di Provinsi Jambi.

Fachrori mengemukan itu saat Pembukaan Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Kawal Dana Desa (SIKADD), di Gedung Ratu Convention Center (RCC) Jambi, Selasa 3 Maret 2020.

Fachrori menyatakan, dengan semakin diakuinya kewenagan desa untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri, serta semakin besarnya proporsi pemberian sumber daya keuangan kepada desa, maka Pemerintahan Desa diharapkan siap menjalankan tata kelola Pemerintahan Desa dengan baik, termasuk tata kelola keuangan desa.

Fachrori mengungkapkan bahwa bukanlah hal yang mudah untuk menyerahkan pelaksanaan pembangunan kepada masyarakat desa. Beberapa kendala yang sering dihadapi adalah kurangnya pengetahuan, kemampuan masayarakat desa, dan kapasitas aparat pemerintahan desa, dan beberapa pekerjaan seperti perumusan arah dan tujuan pembangunan.

Sementara itu, Kapolda Jambi Irjen. Pol. Firman Shantya Budi menyampaikan, sebelumnya dirinya mohon maaf atas nama kegiatan ini, SIKADD, tapi tujuannya bagus.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur dan Kapolda Jambi menandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pengamanan Pemilihan Gubernur tahun 2020 antara Pemerintah Provinsi Jambi dengan Polda Jambi.

Turut hadir unsur Forkopimda Provinsi Jambi, Pimpinan instansi vertikal di Provinsi Jambi, Pj.Sekda Provinsi Jambi Sudirman, Staf Ahli Gubernur Jambi Asgraf, Asisten II Sekda Provinsi Jambi Agus Sunaryo,, para OPD lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, jajaran pejabat utama Polda Jambi, para Bhabinkamtibmas se Provinsi Jambi, para perwakilan Kepala Desa se Provinsi Jambi, serta para undangan lainnya.

(Sapra Wintani/edit: Mustar, foto: Adi, video: Roni).

HOT NEWS