Fachrori: Ujung Jabung Prioritas Pertama

Fachrori: Ujung Jabung Prioritas Pertama

Inilah Jambi – Gubernur Jambi, Dr.Drs.Fachrori Umar,M.Hum., mengemukakan, Pemerintah Provinsi Jambi menempatkan Pelabuhan Ujung Jabung menjadi prioritas utama pada tahun 2021.

Hal tersebut dikemukakan Fachrori usai mengikuti Rapat Koordinasi Gubernur bersama Bappenas RI, yang berlangsung di Kantor Bappenas RI Jakarta Pusat, Rabu 4 Maret 2020.

Pada kesempatan tersebut, Fachrori memaparkan prioritas pembangunan di Provinsi Jambi untuk Tahun 2021 dan yang menjadi prioritas utama adalah pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung.

Meskipun pada RPJMD Provinsi Jambi Tahun 2016-2021 yang menjadi prioritas adalah pembangunan Pelabuhan Muara Sabak, Pemerintah Provinsi Jambi telah menetapkan bahwa Pelabuhan Ujung Jabung menjadi prioritas utama pada tahun 2021.

Baca juga:

asarana pendukung kawasan strategis Provinsi Jambi untuk industri, lambatnya pembangunan pelabuhan Ujung Jabung juga berimplikasi pada lambatnya perwujudan kawasan strategis tersebut.

“Bentuk komitmen dari Pemerintah Provinsi Jambi sendiri adalah kami telah membebaskan lahan seluas 97,8 hektare yang telah disertifikat SHM milik Pemerintah Provinsi Jambi dan seluas 12 hektare akan kita hibahkan kepada Kementerian Perhubungan RI guna percepatan pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung.” jelas Fachrori.

Lebih lanjut Fachrori menuturkan, guna mendukung percepatan pelabuhan Ujung Jabung, Pemerintah Provinsi Jambi mengusulkan agar pembangunan jembatan akses pelabuhan Ujung Jabung yang telah masuk dalam prioritas nasional, dapat dilaksanakan pada tahun 2021.

Pemerintah Provinsi Jambi mengusulkan pembangunan jembatan Sungai Rambut sepanjang 600 meter sebagai jembatan akses, dimana Pemerintah Provinsi Jambi telah membebaskan lahan tersebut dan siap dibangun jembatan akses menuju pelabuhan Ujung Jabung.

 

(Richi, fofo dan video: Roni).

HOT NEWS