Gempa 5,7 SR Guncang Bengkulu, Titik Ada di Zona Benioff

Teks Sumber: RMOL.CO

Inilahjambi – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi wilayah Lebong, Bengkulu berkekuatan 5,7 SR. Titik gempa berada di zona Benioff.

Baca lagi : Masyarakat Aceh Mendambakan Prabowo-Sandiaga Pimpin Indonesia

Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, zona benioff adalah zona subduksi lempeng yang memiliki sudut tunjaman yang relatif tajam, di bawah lempeng Eurasia.

“Zona ini dimulai dari lepas pantai di sebelah barat Sumatra, hingga terus menukik ke arah timur ke bawah daratan pulau Sumatra,” ungkap Rahmat, sesaat lalu 30 Desember 2018.

Rahmat juga mengatakan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran sesar oblique cenderung turun (oblique normal).

Baca lagi : Gunung Agung Erupsi Hari Ini, Waspadai Aliran Lahar Hujan

Rahmat menambahkan hasil pemodelan menunjukkan gempabumi tidak berpotensi tsunami.

“Hingga pukul 16.05 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock),” demikian Rahmat.

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN