Gunung Agung Erupsi Hari Ini, Waspadai Aliran Lahar Hujan

Teks Sumber: RMOL.CO

Inilahjambi – Gunung Agung di Bali kembali erupsi Minggu pagi 30 Desember 2018 pukul 4.09 WITA. Namun tinggi kolom abu tidak teramati.

Baca lagiPDIP Jambi Yakin Kasus di KPK Tidak Berpengaruh pada Perolehan Suara di Pilpres dan Pileg

Erupsi tersebut terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 3 menit 8 detik, dengan kondisi ini Gunung Agung berada di level III (Siaga).

Demikian informasi Pusat Vulkanologi Mitigasi Geologi Bencana (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung Agung.

Kepala Pusat data Infor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan, dengan status level III atau siaga tersebut, PVMBG merekomendasi masyarakat di sekitar gunung Agung dan wisatawan agar tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya. Zona tersebut berada di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak Gunung Agung.

“Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling terbaru,” tuturnya.

Selain itu juga masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder.

Baca lagiTersangka KPK, Chumaidi Zaidi dan Elhelwi Mundur dari PDIP

“Berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di  Gunung Agung,” tandasnya.

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN