HM Aminullah Putra Asli Penyengat Olak, Orang Jambi Pertama di Pengadilan Tinggi Agama

Jangan Lupa Berbagi

Inilahjambi, KOTA JAMBI – Banyak yang tidak tahu, putra asli Penyengat Olak, Seberang Kota Jambi ini pernah menjabat sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama di Manado dan Papua.

Dan banyak pula yang tidak tahu, mantan wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar pernah jadi wakilnya di Pengadilan Tinggi Agama Kota Manado tahun 2011 lampau.

H M Aminnulah mendedikasikan dirinya di lingkungan pengadilan agama di Indonesia selama 40 tahun lebih. Banyak beroleh prestasi.

Karena dedikasinya dan prestasinya itulah dia akhirya dipercaya menjabat sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama pada 2010 hingga 2013 di Manado, Sulawesi Utara.

“Setelah itu, saya dipercaya lagi untuk menjabat Ketua PTA di Papua hingga 2015. Dan, saya pun pensiunnya saat tugas di Papua,” tutur H M Aminullah yang juga menjabat sebagai Dewan Pakar National Corruption Watch Jambi.

Saat menjabat Ketua PTA di Manado, cerita dia, pada tahun 2011 wakilnya adalah H Fachrori Umar, mantan wakil gubernur Jambi yang saat mencalonkan diri sebagai pasangan calon gubernur Zumi Zola periode 2015-2020.

Dan, kisah lainnya, dia menuturkan selesai menamatkan kuliahnya di IAIN Yogyakarta tahun 1974, H M Aminullah sempat mengajar di pesantren As’ad Seberang Kota Jambi.

“Salah satu murid saya adalah Hasan Basri Agus(HBA) mantan gubernur dan calon gubernur Jambi yang sekarang ini,” tuturnya.

Ketua NU Provinsi Jambi ini bercerita banyak saat dia bertugas di wilayah timur Indonesia itu. Tantangan jelas ada. Apalagi disana memang penduduknya mayoritas Nasrani.

“Jelas banyak suka dukanya. Tetapi karena niat ikhlas dalam bekerja. Alhamdullilah semua berjalan lancar, hingga saya pensiun di Papua,” ucapnya.

Setelah pensiun dan pulang ke Jambi, dia bertekad untuk mendedikasi dirinya untuk memajukan tanah kelahirannya.

 

 

 

(BUDHIONO)

Jangan Lupa Berbagi
SAKSIKAN VIDEO DI BAWAH INI: Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021-2022 Yayasan Jami' Al Falah Jambi
SOROTAN