Mon. Oct 21st, 2019

Ini Sosok H.N Cristian Penyidik KPK yang Berani Berdebat Dengan Fahri Hamzah

Inilahjambi, JAKARTA – Dalam beberapa pekan ini, rakyat Indonesia di kejutkan dengan berbagai berita yang terbilang sangat menyita perhatian.

Seperti tertangkapnya politikus PDIP Damayanti Wisnu Putranti oleh KPK, teror bom di Thamrin dekat gedung Sarinah Jakarta, dan terakhir rakyat Indonesia dikejutkan berita di berbagai media, seorang penyidik KPK yang bersitegang dengan Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah di gedung dewan yang di saksikan belasan wartawan dan anggota DPR RI.

Dalam perdebatan tersebut, Fahri Hamzah protes keras terhadap keberadaan Brimob dengan atribut kelengkapan senjatanya.

Protes Fahri tidak di gubris oleh penyidik KPK yang kemudian diketahui bernama H.N Cristian. Siapa sih sosok penyidik KPK yang begitu beraninya dan lantang adu mulut dengan Fahri Hamzah tersebut. Berikut ini sedikit informasi H.N Cristian yang di peroleh dari berbagai sumber.

Hendri N Cristian,Christian merupakan penyidik senior di KPK. Dia masuk KPK pada era pimpinan KPK jilid I (saat itu dipimpin Taufiequrahman Ruki).

Saat masuk KPK, Christian berpangkat AKP. Sebelum mengundurkan diri dari Polri, Christian berpangkat komisiaris polisi (kompol).

Dia pernah menjabat Kasatnarkoba Polres Malang. Karir kepolisian Christian dibangun bukan dari akademi kepolisian. “Dia bukan dari lulusan Akpol, tapi sekolah perwira reguler,” ujar sumber tersebut.

Pria yang selalu berbicara tegas ini, menurut beberapa sumber menyebutkan dia berasal dari NTT. Namun, ada juga sejumlah media mengatakan Cristian asal Maluku. Karena pada pemberitaan di SATU MALUKU, salah satu media online di Ambon menyebutkan pada tahun 2012 lalu, AKBP Christian sempat pulang ke kampung halamannya di Kisar, Maluku Barat Daya untuk urusan keluarga.

Sumber di internal KPK mengatakan, Christian memang dikenal sebagai penyidik yang berani dan tak mau kompromi. Dia terlibat dalam penanganan perkara yang berisiko tinggi.

Ternyata bukan hanya Fahri yang menjadi blingsatan karena melihat ketegasan Cristian, pengacara senior O.C. Kaligis bahkan pernah mengadukan Christian ke presiden. Kaligis merasa terteror oleh tindakan penyidik yang dahulu berstatus perwira Polri itu.

“Apa yang saya lakukan itu hanya menjalankan undang-undang,” ujar Cristian dengan nada tegas.

 

(budhiono)

Sudah dibagikan