Inilah Delapan Platform Digital Pelatihan Kartu Prakerja

Inilah Delapan Platform Digital Pelatihan Kartu Prakerja

Baca juga:

Inilah Jambi – Pemerintah bekerja sama dengan delapan platform digital untuk memberikan fasilitas pelatihan untuk peserta Program Kartu Prakerja.

Delapan platform itu, antara lain Tokopedia, Mau Belajar Apa, Pijar Mahir, Bukalapak, Ruang Guru, Sekolahmu, Pintaria, dan Kemnaker.go.id.

Untuk itu pemerintah berjanji akan memfasilitasi masyarakat di sejumlah daerah yang masih minim koneksi internet untuk bisa mendaftar dan mengakses pelatihan Kartu Prakerja.

Direktur Komunikasi Program Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky mengatakan kalau Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah memintah Pemerintah Daerah (Pemda) untuk menyediakan tempat mengakses internet bagi pendaftar Kartu Prakerja.

“Pemda sudah dan akan menyediakan tempat atau balai area yang cukup aman untukk dapat bimbingan pendaftaran dan bantuan untuk akses internet ke situs resmi Prakerja,” kata Panji, pada video conference, 20 April 2020.

Ia menambahkan kalau tempat yang disediakan nantinya juga bisa dipakai masyarakat untuk mengakses pelatihan Kartu Prakerja secara online. Apalagi pelatihan yang ditawarkan saat ini masih bersifat daring.

“Karena ada perintah untukk membatasi masyarakat atau orang berkumpul dan pembatasan sosial maka tahap awal hanya [pelatihan] daring yang ditawarkan mitra platform digital,” kata Panji.

Walau begitu, pemerintah mengaku sudah mengkurasi ribuan pelatihan yang sifatnya tatap muka dan baru akan membuka pelatihan tersebut jika kondisi atas pandemi ini mulai mereda.

“Pemerintah akan evaluasi dan akan memberikan jenis pelatihan yang sifatnya tatap muka kalau sudah aman berkumpul,” ujarnya.

Baca lagi:

(*/)

HOT NEWS