Mon. Sep 23rd, 2019

Tangki air/net

Jijik..Tangki Air Berlumut, Dicat Hitam Saja Gan!

Inilahjambi – Meski banyak produsen gembar-gembor tangki air (toren)-nya anti lumut, namun dalam kenyatannya baru dua bulan dipakai si tangki sudah lumutan lagi di dalamnya. Jijik banget ya! Membersihakannya susah pula, apalagi kalau posisi tangki tinggi di atas.

Mau pakai zat kimia supaya lumut mati? Bahaya Gan, bisa matek serumahan kalau salah-salah pilih bahan. Terus gimana dong?

Begini ya? Lumut itu sejenis mahluk hidup juga. Yang namanya mahluk hidup pasti butuh sinar matahari. Jadi kalau tidak terkena sinar matahari, maka mahluk hidup akan mati alias tidak bisa tumbuh. Lumut juga.

Nah, supaya tangki agan tidak lumutan, maka hindari dari sinar matahari. Jangan diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari sedikitpun.

Walah ribet amat, tangki air segede gaban, kan tak mungkin disimpan di kamar gelap. Apalagi kalau tuh tangki sudah nangkring di tempat tinggi, mau dibawa kemana lagi. Repot amat kan!

Salah satu cara yang keren ya, dicat hitam (kalau tangki air agan warna terang). Supaya sinar matahari tidak masuk. Boleh cat minyak atau cat kayu. Tapi ingat, jangan sampai tersisa sedikitpun bagian terang. Semua haru hitam, legam. Ada celah matahari sedikit saja yang bisa masuk, alamat lumut akan tumbuh lagi.

Nah, selesai cat hitam kering, maka tangki air agan boleh dicat warna putih lagi. Lho kok? Ya supaya sinar matahari akan memantul kembali. Sebab sifat warna putih menolak panas.

Boleh dicoba gan, tuh ada yang sudah coba. Setelah pemakaian lebih dari 2 tahun, alhasil, tidak ada lumut sekali.

 

 

 

 

(Sumber: http://tanwer.blogspot.co.id)

Sudah dibagikan