Kota Jambi dan Muarojambi Nomor 5 Daerah dengan Sepeda Motor Terbanyak di Indonesia

Jangan Lupa Berbagi

Kota Jambi dan Muarojambi Nomor 5 Daerah dengan Sepeda Motor Terbanyak di Indonesia


Inilah Jambi – Data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas), Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, Kota Jambi dan Kabupaten Muarojambi merupakan daerah dengan rumah tangga yang memiliki sepeda motor nomor 6-7 paling banyak di Indonesia.

Sementara untuk daerah paling banyak sepeda motor, data tersebut mencatat Bali, sangat tinggi.

Tiga dari 10 daerah dengan rasio tertinggi berada di provinsi tersebut. Dua di antaranya, Kabupaten Gianyar dan Badung, bahkan terus bertahan dalam kelompok lima besar, selama empat tahun terakhir (2016 – 2019).

Dua kabupaten lain di luar Bali yang menyusup ke lima besar adalah Kampar dan Dharmasraya. Keduanya dari Sumatera.

Kampar bukanlah kabupaten dengan produk domestik regional bruto (PDRB) tertinggi di Provinsi Riau. Posisi Kampar hanya keempat di bawah Bengkalis, Kota Pekanbaru, dan Siak.

Namun, bagi daerah di luar Jawa seperti Riau, ketersediaan prasarana jalan agaknya lebih menentukan tingkat kepemilikan sepeda motor, ketimbang output ekonomi.

Menurut data BPS, Kampar merupakan daerah dengan prasarana jalan paling panjang di provinsi ini. Panjangnya mencapai 2.890 kilometer, atau 34 persen lebih panjang dari rata-rata jalan raya di kabupaten/kota lain di Riau. Di Siak, panjang jalan raya hanya 1.844 km, sedangkan Bengkalis 1.504 km.

Selain itu, perekonomian Kampar termasuk yang tumbuh paling kencang. Selama 2015 – 2019, pertumbuhan ekonomi Kampar melanju 17 persen, ketimbang Siak yang hanya tujuh persen, dan Bengkalis lima persen.

Diolah dari Lokadata.id

***

Baca juga:

Selanjutnya baca:

Jenazah Pria Tua Dibonceng Sepeda Motor di Tanjab Timur, Jambi

 

Jangan Lupa Berbagi
SAKSIKAN VIDEO DI BAWAH INI: Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021-2022 Yayasan Jami' Al Falah Jambi

Tinggalkan Balasan

SOROTAN