Tue. Mar 26th, 2019

DCIM100MEDIADJI_0040.JPG

KPK Diminta Usut Proyek Irigasi Batang Asai di Sarolangun oleh BWSS VI Senilai Rp 600 Milyar

Pembangunan irigasi Batang Asai, Sarolangun, oleh BWSS VI/ist

Inilahjambi – Operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI di Kementrian PU, diharapkan membawa semangat perubahan bagi seluruh satker PU di daerah.

Netizen, mendesak agar KPK juga mengusut Balai Wilayah Sungai Sumatera VI (BWSS VI) -bagian dari Kementrian PU- karena disinyalir menggarap proyek besar yang mubazir. Salah satu yang disorot adalah kegiatan pembangunan irigasi di Batang Asai, Sarolangun.

Baca juga: Dugaan Kongkalikong Proyek di BWSS VI, Pengamat Hukum: Apa Tak Takut KPK?

Akun FB Sabar Siagian memaparkan, KPK juga harus membidik para pejabat BWSS VI dan kontraktroknya. Alasanya, musim tender awal tahun, para koruptor sudah mulai bermain “silat”.

“Banyak proyek yang tidak bermanfaat. Lihat saja irigasi Batang Asai, sudah hampir Rp 1 triliun dana yang dikucurkan, namun proyek ini apa hasilnya?” tulis akun SS.

Lihat juga: Proyek Sumur Bor Senilai Rp48 Miliar di BWSS VI Dimonopoli 1 Kontraktor?

Dia juga menuliskan bahwa dana APBN untuk pembangunan irigasi Batang Asai dukucurkan lagi di tahun 2019 senilai Rp 300 miliar. Tahun 2018 lalu mendekati Rp 300 miliar.

Apa yang ditulis SS cukup mendekati. Terbukti, dari situs resmi LPSE Kementrian PU, diketahui bahwa irigasi ini sudah dikerjakan dalam tiga tahap dengan judul kegiatan

“Pembangunan Jaringan Irigasi DI. Batang Asai Kabupaten Sarolangun”. Kesemuanya didanai APBN tahun 2018.

BacaLelang Proyek di BWSS VI Buka Tanggal 20 Tutup Tanggal 28

Rinciannya, Irigasi Batang Asai Paket I senilai Rp 280 miliar, Paket II Rp 258,6 miliar dan Paket III Rp 215 miliar. Belum lagi paket pendukung seperti kegiatan pembangunan bendung Batang Asai Rp 165 miliar. Belum dana yang dibutuhkan untuk supervisi dan konsultasi.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan dari BWSS VI. Nomor ponsel Kepala BWSS VI Nur Fajri bernada sibuk. Dihubungi, Victor, tangan kanan Kepala BWSS VI tak diangkat.

 

 

 

Sudah dibagikan