Sun. May 26th, 2019

KPU Sebut e-KTP WNA yang Viral Atas Nama Bahar Warga Cianjur

Teks Sumber : Suara.com

Inilahjambi – Komisioner KPU Viryan Azis memastikan e-KTP dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) 3203012503770011 bukan atas nama Guohui Chen yang merupakan warga negara asing (WNA) asal China.

Baca lagiTaklukkan Thailand, Timnas Indonesia U-22 Juara Piala AFF 2019

Viryan mengungkapkan, berdasarkan hasil verifikasi terhadap NIK tersebut diketahui kalau pemilik e-KTP atas nama Bahar warga Cianjur, Jawa Barat. Selain lewat NIK, pihaknya juga melakukan verifikasi dengan Kartu Keluarga (KK) milik Bahar.

“Artinya NIK yang tadi kami sebutkan atas nama bapak Bahar. Kemudian yang bersangkutan sudah terdaftar di DPT atas nama Bahar,” ujar Viryan di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 26 Februari 2019.

Lebih lanjut, Viryan memastikan warga negara asing atas nama Guohui Chen pun tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Pemilu 2019. Menurutnya, yang masuk ke DPT Pemilu 2019 ialah NIK atas nama Bahar dengan nomor e-KTP tersebut.

“Poin pentingnya adalah bapak Guohui Chen dengan NIK ini tidak ada dalam DPT pemilu 2019. Intinya, DPT ini (Atas nama Bahar) yang masuk dalam DPT,” ungkapnya.

Sebuah foto yang menunjukkan e-KTP dengan identitas warga asing beredar luas di media sosial. (Twitter)

Lebih jauh Viryan mengatakan, pihaknya pun telah melaporkan terkait beredarnya foto e-KTP yang ramai dibicarakan warganet di medsos ke Cyber Crime Mabes Polri.

Baca lagiWarga Kena Peluru Nyasar Saat Penggerebekan, Ini Penjelasan Kapolres Sarolangun

“Kami serahkan kepada yang lebih ahli. Apakah foto tersebut adalah hasil editan atau bukan. Namun yang bisa kami sampaikan adalah NIK tersebut bukanlah atas nama Guohui Chen, tapi atas nama Bahar,” tutupnya.

Sudah dibagikan