Bau ‘Buntang’ dari Pasar Kebun Handil, BLH: Belum ada Warga Mengeluh…

Inilahjambi, KOTA JAMBI – Sekretaris Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Jambi, M.Syukur, mengatakan, pihaknya tidak dapat menindaklanjuti persoalan limbah dan bau busuk di Pasar Modern Kebun Handil jika belum ada laporan dari masyarakat yang merasa terganggu.

Menurut Syukur, untuk melakukan tindakan atau mencek ke lapangan, pihaknya harus memiliki dasar, salah satunya laporan masyarakat.

“Kami tidak bisa ke lokasi karena belum ada laporan dari warga setempat yang datang langsung ke BLH Kota Jambi. Harus ada dasar (laporan) agar bisa mengecek ke lokasi. Dasarnya warga harus datang ke bagian pengaduan BLH dulu. Kalau sudah ada yang melapor langsung baru kita cek ke lokasi,” ujar M.Syukur Rabu 2 Maret 2016 di ruangannya.

Sebelumnya, sejumlah warga mengeluh dengan bau busuk yang tercium dari limbah pasar modern Kebun Handil, Kota Jambi.

Bau busuk itu merebak sampai ke kawasan Simpang 3 PGRI, Jalan Guru Muchtar hingga ke DI Panjaitan, Kota Jambi. Bau ini semakin menyengat hidung saat hari panas.

Menurut Wawan, warga yang membuka usaha di kawasan itu sepanjang hari, sumber bau itu berasal dari got/drainase yang diatasnya terdapat belasan pembuat plat modifikasi berjualan.

Inilahjambi memantau kondisi got, ternyata terdapat limbah cair yang berwarna hitam agak kemerahan, terus mengalir hingga ke DI Panjaitan (depan Kantor Pos dan Sabang Raya).

Mengikuti sumber cairan ke Hulu, ternyata cairan berasal dari Pasar Kebun Handil, tepatnya dari kios daging di bagian belakang pasar tersebut.

Berita terkait:

(Zalman Irwandi)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Mari bersama menghargai karya jurnalistik.
SOROTAN
error: OPPPS, MAU NGAPAIN? Konten ini dilindungi !!