Limbah Medis Sampai Jari Tangan Sisa Operasi Berserakan di Pengepul Sampah Kota Jambi

Inilahjambi, KOTA JAMBI – Limbah medis berbahaya dan menjijikkan ditemukan di sejumlah pengepul sampah di Kota Jambi.

Temuan ini diungkap Jaringan Pemantau Kewenangan (JPK) saat menggelar unjuk rasa di BLHD Provinsi Jambi dan DPRD Kota Jambi, Kamis 24 Maret 2016.

Mereka menyatakan, berdasarkan penelusuran mereka, limbah medis itu berasal dari sejumlah rumah sakit swasta di Kota Jambi.

Mereka menuding, pihak rumah sakit tidak menyediakan tempat pengolahan limbah medis serta Bahan Berbahaya dan Beracun (B3). Mereka malah membuangnya secara sembarangan dan akhirnya dipungut pengepul sampah.

“Kami menemukan jarum suntik, botol infus, bahkan jari tangan bekas operasi di tempat pengepul sampah,” ujar Abdullah koordinator aksi.

Dijelaskannya, dari keterangan para pengepul, limbah tersebut berasal dari beberapa rumah sakit swasta di Kota Jambi.

Menurut dia, seharusnya limbah medis dan B3 pihak rumah sakit harus diperlakukan khusus ddengan berkerja sama dngan pihak ketiga yang memiliki izin dalam pengolahan limbah.

“Gudang tidak ada, ini terlihat aneh dan janggal. Seharusnya mereka memiliki gudang yang kedap udara sebelum dimusnahkan,” tambah Abdullah.

Ketua Komisi III DPRD Kota Jambi Mustamar mengatakan, pihaknya akan memanggil BLH Kota Jambi dan pihak rumah sakit untuk menyelesaikan masalah ini.

“Kami akan panggil BLH Kota, untuk menindaklanjuti masalah ini secepatnya,” singakt Mustamar.

 
(Zalman Irwandi)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN