Mengapa Anggota DPRD Sekalipun Dilarang Parkir di Drop Zone Bandara, Ini Sebabnya…

Inilahjambi, JAMBI – Anggota DPRD Provinsi Jambi A Salam terlibat insiden dengan petugas kemananan penerbangan (Avsec) di Bandara Sultan Thaha Syaifuddin, Jambi pada Sabtu malam 7 Januari 2017 kemarin.

Petugas Avian Securities (Avsec) menegur Salam dan meminta yang bersangkutan untuk tidak memarkir kendaraan di drop zone (zona naik-turun penumpang mobil), meski saat itu kondisi zona sedang sepi.

Tidak terima ditegur, Salam mencak-mencak dan memaki petugas. Setelah dikonfirmasi inilahjambi, pada Minggu pagi 8 Januari 2017, Salam mengaku saat itu tensi darahnya sedang naik, sehingga cenderung emosi. Penyebabnya? karena dia habis makan durian.

Berita terkait:

 

Manajer Service Angkasa Pura II di Bandara Sultan Thaha Syaifuddin Jambi, Indra Gunawan, kepada inilahjambi menerangkan, drop zone merupakan area turun naik penumpang, sehingga tidak boleh parkir di kawasan itu.

“Selain untuk kelancaran arus kendaraan yang keluar masuk, ada faktor lain yang lebih penting, mengapa kawasan itu harus lancar dan steril, yakni keamanan,” kata Indra, Selasa 10 Januari 2017 di Bandara Jambi.

Drop zone merupakan kawasan yang relatif paling dekat dengan terminal dan fasilitas bandara lainnya, termasuk pesawat terbang. Sehingga rentan terhadap keselamatan manusia dan penerbangan.

“Standar internasionalnya begitu, drop zone tidak boleh sebagai tempat parkir kendaraan. Waktu naik-turun penumpang pun disesuaikan dengan aktivitas tersebut, apalagi parkir. Ini terkait faktor keselamatan bandara, manusia dan pesawat terbang,” katanya.

Bisa saja, kata Indra, drop zone dimanfaatkan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab (teroris) yang mengancam keselamatan penerbangan, seperti bom mobil.

“Kalau ada bom mobil, misalnya, karena jaraknya paling dekat dengan terminal dan pesawat terbang, maka dampaknya akan sangat besar, termasuk keselamatan manusia di sekitarnya. Maka itu, siapapun dilarang memarkirkan kendaraan di sana,” kata Indra.

Dijelaskannya, pihak bandara telah menyediakan area parkir yang luas, termasuk fasilitas parkir VIP bagi pejabat daerah dan pejabat publik lainnya.

“Lokasinya juga dekat dengan drop zone, akses lancar. Jadi sebaiknya tamu VIP memarkirkan kendaraan disana. Tinggal berkordinasi dengan petugas parkir. Sebaiknya ini juga harus diketahui oleh masyarakat termasuk pejabat,” ujarnya lagi.

 

 

 
(Nurul Fahmy)

HOT NEWS