Pesawat Siapa yang Berpusing-Pusing Mengintai di JPM Trona Ini?

Logo inilahjambi

Logo inilahjambi

Pesawat Siapa yang Berpusing-Pusing Mengintai di JPM Trona Ini?

Baca juga:

Inilah Jambi – Sebuah drone (pesawat pengintai tanpa awak) jenis Phantom 3 Profesional berpusing-pusing di lantai dasar Jambi Prima Mal, swalayan besar di kawasan Jelutung ke arah Jalan Sudirman, yang biasa juga disebut Trona pada Kamis sore 26 Mei 2016.

Warnanya putih. Suaranya halus, nyaris tidak terdengar. Di sebelah kanan pintu masuk swalayan itu, seseorang tampak tengah mengendalikan pesawat melalui sebuah remote control. Matanya tidak lepas memandang drone yang tengah melayang–mungkin takut salah kontrol (malah nyungsep ke sanggul emak-emak yang sedang belanja ๐Ÿ™‚

Mas Wardi, si pengontrol drone itu adalah penjual berbagai jenis pesawat terbang mainan, tepatnya helikopter mini. Drone adalah jenis pesawat andalannya untuk dijual, selain jenis lain yang biasanya juga laku keras.

Menurut Wardi, saat ini minat pembeli drone relatif tinggi, dibanding jenis lain seperti helikopter, sebab drone lebih fungsional, sementara heli sekedar kesukaan saja.

“Drone ini, apalagi yang dilengkapi dengan kamera, lebih fungsional. Dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti fotografi, pengawasan lokasi dan sebagainya. Sementara helikopter tidak dilengkapi kamera,” katanya, Kamis.

Drone yang sedang dikontrolnya adalah Drone jenis Phantom 3 Profesional. Dapat melayang selama 25-30 menit di udara, dengan jangkauan mencapai 2 kilometer. Setelah 30 menitan, baterai dapat dicas (charge) kembali.

“Kalau drone ini harganya Rp15 juta. Dilengkapi dengan kamera dan aksesoris lainnya. Kami juga jual suku cadang (spare part) untuk persiapan, termasuk servis berkala,” kata pedagang yang telah setahun ini menggalas (jualan) helikopter mini di Trona.

“Waduh mahal juga, Mas!

“Iyalah. Kalau yang ini biasa digunakan oleh perusahaan perkebunan, seperti PT WKS dan lainnya. Gunanya untuk mengontrol atau mengawasi atau mengambil foto udara.”

Tapi eits, tunggu dulu. Sebenarnya ada drone lain yang harganya relatif murah. Biasa digunakan oleh komunitas untuk berlatih dan bermain-main. Drone empat chanel dan Drone kamera. Harganya kisaran Rp 1,1 juta sampai Rp2 jutaan. Ada yang dilengkapi kamera, ada juga yang tidak. Tapi jelas kehandalannya di bawah peforoma Drone Phantom 3 Profesional. Tapi kalau untuk suka-suka, masih okelah..

“Kalau yang harga Rp1-2 jutaan itu banyak serinya. Sama seperti dengan Drone Phantom 3, banyak juga versinya. Jadi tinggal pilih sesuai kebutuhan,” kata dia.

Masih ada? Masihhh. Drone mini tanpa kamera. Harganya Rp500 ribuan. Bisa kurang dikiiitlah. Mampu terbang sampai 10-15 menit, dengan jangkauan 30 meteran. Lumayan. Tanpa suara dan berlampu-lampu di bagian bawahnya. Cucok untuk anak lanang bermain di lapangan atau halaman rumah.

“Setelah terbang 10-15 menit, dapat dicas lagi sekitar 10 menit, kemudian bisa terbang lagi,” ucap Wardi.

Nah, kalau yang ini adalah helikopter mini. Pilihan ukurannya banyak. Mau kecil, atau mau yang besar? Tinggal bayar saja. Harganya juga relatif. Mulai dari Rp425 ribuan sampai yang jutaan juga ada.

“Buatan mana, sih?”

“Ooo..ini buatan luar negeri, tapi rakitan dalam.”

“Luar negerinya mana, Mas?”

“Pokoknya luar negerilah, tapi gak jauh-jauh amatlah.”

Dalam sehari, Mas Wardi mengaku menjual 3-4 helikopter mini. Jelang Ramadan dan Lebaran seperti hari ini, dia optimis pembeli akan semakin meningkat.

“Saya sudah siapkan stok barang sampai 5 koli untuk Ramadan dan Lebaran ini. Tahun kemarin permintaan tinggi saat-saat puasa dan Lebaran. Makanya tahun ini, saya sudah siapkan lebih,” ujarnya.

“Kalau rusak gimana, Mas?”

“Ya diperbaikilah. Kami juga menerima servis dan penggantian suku cadang. Kalau helikopter atau drone, yang biasa rusak adalah dinamo atau baling-balingnya, kecuali nabrak beton atau digilas mobil, pasti hancur atau peot-peot.”

“Oke, kalau mau beli dimana?”

“Saat ini kami buka di JPM Trona, di lantai dasar. Sebelah kanan dari pintu masuk. Kelihatan kok stan kami. Dulu pernah buka di Jamtos, tapi sekarang tidak lagi. Rencananya akan buka di Lippo Plaza di Talangbanjar.”

Sebagai perbandingan, drone sejenis juga dijual di tokopedia.com, lapak online di dunia maya. Harganya ternyata tidak jauh beda, dan malah lebih murah jualan Mas Wardi ๐Ÿ™‚ Sebab belinya tak pakai ongkos kirim lagi.

Tertarik beli? Kalau saya iya…

Pingin produk atau dagangan Anda diulas di inilahjambi.com? Hubungi manajemen kami di [email protected], kami akan segera menghubungi Anda. Semoga sukses dan jualannya larissss!

 

 

(Nurul Fahmy)

Bagikan
HOT NEWS