Puasa Pertama, BMKG Sebut Waspadai Cuaca 9 Daerah di Jambi

Bagikan:

Puasa Pertama, BMKG Sebut Waspadai Cuaca 9 Daerah di Jambi


Inilah Jambi – Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menerbitkan peringatan dini cuaca di Provinsi Jambi terhitung sejak 12 April 2021 atau malam pertama puasa Ramadan 2021 hingga 14 April mendatang.

Dalam rilis di website resmi BMKG disebutkan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang akan terjadi di 9 wilayah di Jambi.

Sembilan wilayah itu berada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Muaro Jambi, Sarolangun, Merangin, Tebo, Bungo, Kerinci dan
Kota Sungaipenuh.

Hujan ringan dan lebat disertai angin kencang dan petir itu akan terjadi pada siang, sore, malam dan dini hari.


Pasar Beduk Dilarang Selama Ramadan, Bupati Al Haris Sarankan Jualan Depan Rumah

Inilah Jambi – Pemerintah Kabupaten Merangin melarang adanya Pasar Beduk yang lazim bermunculan saat bulan Ramadan.

Pemkab Merangin tidak mengizinkan pasar beduk agar tidak ada kerumunan massa mengingatkan saat ini masih Pandemi Covid-19.

“Tidak boleh, tidak kita izinkan pasar beduk yang lokasinya dikondisikan atau dikoordinir disatu tempat,” kata Al Haris.

Al Haris menyarankan bagi yang ingin berjualan makanan untuk buka puasa boleh di depan rumah dengan tidak menyediakan media yang bisa menimbulkan kerumunan.

“Bikin-bikin depan rumah boleh, jualan di depan rumah silakan. Kita tidak izinkan pasar beduk yang dikondisikan yang bisa menimbulkan keramaian,” ujarnya.

Selain bazar, Bupati Merangin mengatakan Pemkab Merangin juga tidak mengizinkan adanya bazar Ramadhan.

“Kita tidak izinkan bazar yang lokasinya dikondisikan, ini untuk menghindari kerumuman,” sebut Bupati.


Bupati Merangin Bolehkan Salat Tarawih Selama Ramadan

Inilah Jambi – Pemerintah Kabupaten Merangin mengeluarkan kebijakan terkait pelaksanaan ibadah Ramadan dan Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19.

Dikatakan Bupati Merangin, Al Haris, salat tarawih boleh dilaksanakan secara berjamaah di masjid sepanjang bulan Ramadan.

Terkait itu, Al Haris mengingatkan pelaksanaan salat tarawih berjamaah harus memperhatikan protokol kesehatan, jarak jamaah diatur dan menggunakan masker.

“Untuk salat tarawih itu juga menjadi perhatian kita agar diatur dengan baik sehingga nanti sholat tarawih kita bisa berlangsung dengan baik, jaraknya diatur dengan baik,” kata Al Haris, Kamis (08/04/2021).

Selain pelaksanaan sholat tarawih berjamaah, Al Haris mengatakan salat Idul Fitri berjamaah juga dibolehkan dan pelaksanaannya tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Salat tarawih dan salat idul Fitri berjamaah boleh dilaksanakan berjamaah. Prokesnya jalan dan kita tidak berharap muncul klaster tarawih nantinya,” sebut Al Haris lagi.

Baca juga:


Doa Doa Menyambut Ramadan dan Awal Puasa

Inilah Jambi – Ramadan sudah di depan mata. Muhammadiyah menetapkan awal Ramadan 1441 H jatuh pada 24 April 2020.

Sebagai muslim yang beriman, kita patut berbahagia bertemu kembali dengan bulan penuh rahmat itu.

Bukan sekedar bahagia, kita sepatutnya memanjatkan doa doa kepada Allah agar diberkahi dan puasa berjalan khusyuk serta mendapat keutamaan nilai-nilai ibadah.

Diriwayatkan dari Ahmad, hadis nomor 2346 dan 2387, bahwasanya Nabi Muhammad biasa berdoa di bulan Rajab untuk menyambut Ramadan.

Berikut doa utama menyambut Ramadan dan berpuasa:

1. Doa menyambut Ramadan

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِى رَمَضَانَ

 baca selengkapnya 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

SOROTAN