Rektor Unja Johni Najwan: Mahasiswa Boleh Tes TOEFL di Lembaga Lain Selain Unja Asal…..

Rektor Unja Johni Najwan: Mahasiswa Boleh Tes TOEFL di Lembaga Lain Selain Unja Asal…..

Inilahjambi – Sejumlah mahasiswa Universitas Jambi mengeluh atas pemberlakuan tes TOEFL yang dirasa memberatkan mereka. Pasalnya, menurut mahasiswa, tes harus dilakukan di lembaga milik Unja saja.

Mahasiswa juga diharuskan membayar Rp 250 Ribu untuk sekali tes. Dan apabila tidak lulus, mahasiswa harus tes lagi, dan artinya membayar lagi Rp 250. Hal ini terus dilakukan sampai mahasiswa lulus dengan nilai yang sudah ditentukan pihak kampus.

Baca juga: Masih Ingat Nomor Presiden Jokowi? Ini Nomornya

“Sebagai salah satu syarat untuk lulus dari Unja dan menerima ijazah adalah nilai TOEFL yang mencukupi. Jika belum lulus TOEFL, maka mahasiswa tidak bisa diwisuda dan menerima ijazah,” kata salah seorang mahasiswa yang minta identitasnya dirahasiakan, Kamis 19 Oktober 2017 kepada Inilahjambi.

Yang jadi soal, lanjutnya, tes TOEFL yang harus dilakukan di Unja dan harus membayar lagi apabila mengulang tes, itu yang terasa berat.

“Bagi saya mahasiswa dari keluarga kurang mampu, duit segitu berat sekali,” keluhnya

Rektor Universitas Jambi Johni Najwan, mengakui, syarat lulus dari Unja harus memiliki nilai TOEFL yang memenuhi standar.

Menurut Rektor, ketentuan tersebut berdasarkan Peraturan Akademik yang ditetapkan oleh Senat Univetsitas.
Namun Johni mengatakan, mahasiswa boleh saja melampirkan hasil tes TOEFL dari lembaga lain, asalkan TOEFL ITP.

“Boleh saja lembaga lain, asal yg TOEFL ITP,” katanya kepada Inilahjambi. Kamis sore melalui pesan di whatapps.

Syarat itu, lanjut Najwan, merupakan upaya pihak kampus agar lulusan Universitas Jambi mampu bersaing dengan lulusan lain baik di dalam maupun luar negeri.

“Kita ingin lulusan Unja berkualitas. Sehingga mampu bersaing di era MEA ini dengan lulusan PT dalam dan luar negeri, pungkas Johni.

 

Baca juga: Lirik Lagu Favorite Sin Marion Jola / Terjemahan Lirik

Marion Jola Favorite Sin

Lirik Lagu Favorite Sin Marion Jola / Terjemahan Lirik

Inilahjambi – Lagu baru Marion Jola Favorite Sin feat Tuan Tigabelas yang dirilis 3 Minggu lalu telah ditonton 4,2 juta kali.

Maia Estianti yang mendengar banyaknya penonton lagu baru Marion Jola Favorite Sin feat Tuan Tigabelas tampak takjub saat acara Indonesian Idol di RCTI, Senin 27 Januari 2020.

Video lagu baru Marion Jola Favorite Sin feat Tuan Tigabelas:

Baca juga: Kena Skak Ari Lasso di Babak Eliminasi Marion Jola Mewek…

 

(Nurul Fahmy)

Bagikan
HOT NEWS