Sekolah Swasta di Jambi Sepi Peminat, Rahmad Derita: Manajemennya Tidak Bagus

Inilahjambi, KOTA JAMBI – Sepinya peminat sekolah swasta di Jambi dalam PPDB 2016 ini ditanggapi ringan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Rahmad Derita Harahap.

Menurut dia, persoalan itu terjadi karena menejemen sekolah yang tidak bagus. Sehingga para siswa lebih memilih sekolah negeri, baik yang orang tuanya mampu maupun yang tidak mampu.

“Kurangnya minat siswa yang mau nyambung sekolah menengah swasta itu karena manajemen sekolahnya saja tidak bagus,” kata Rahmat Derita, usai acara halal bi halak di Kantor Gubernur Jambi, Rabu 3 Agustus 2016.

Dia menjelaskan, seharusnya pihak sekolah swasta mewajibkan muridnya untuk masuk ke sekolah itu lagi, setelah tamat dari jenjang bawah. Misalnya tamat SMP ke SMA di sekolah yang sama.

“Pihak sekolah swasta harusnya mewajibkan muridnya yang lulus dari SMP sana harus melanjutkan ke SMU/SMK sana juga, jangan ke sekolah negeri. Contoh seperti Al Falah, muridnya dari SD sampai SMU sekolah di sana. Jangan seperti At Taufiq, murid yang daftar ke SMU/SMK sana berkurang drastis dari tahun sebelumnya,” tambah dia.

Tahun ajaran 2016 ini, banyak sekolah swasta di Kota Jambi yang kekurangan siswa. Persoalan ini karena tingginya animo masyarakat untuk sekolah di sekolah negeri.

Baca juga:

(Zalman Irwandi)

Bagikan
HOT NEWS