Sherrin: Batik dan Songket Jambi Dapat Bersaing di Tingkat Global

Sherrin: Batik dan Songket Jambi Dapat Bersaing di Tingkat Global


Inilah Jambi– Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Sherrin Tharia menyampaikan batik dan songket Jambi bisa bersaing di tingkat nasional bahkan internasional.

Pernyataan itu disampaikan Sherrin saat mengikuti Rapat Kerja Nasional Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang diselenggarakan di Smesco Convention Center Jakarta Pusat. Rabu 18 Mei 2016.

Songket dan batik, kata Sherrin, serta potensi perhiasan yang terbuat dari logam yang dapat bersaing dengan daerah lain serta telah mendapat pengakuan dan penghargaan baik dari nasional maupun internasional, salah satunya penghargaan dari Unesco pada tahun 2012 yang lalu.

Sementara Kendala yang dihadapi yaitu sulitnya mendapatkan bahan baku yang bermutu dan berkualitas yang memenuhi standar bagi para pengrajin dalam pembuatan tenun songket.

Baca juga:

Selain itu pengrajin Jambi belum menjadikan usaha kerajinan sebagai mata pencarian utama hanya sebagai pekerjaan sampingan dan mereka masih mengandalkan pekerjaan pada sektor pertanian dan perkebunan.

Kepada Dekranas Pusat Sherrin minta bantuan agar membantu pengadaan bahan atau kerja sama dengan perusahaan untuk mempermudah mendapatkan bahan baku benang yang memenuhi standar untuk pembuatan songket yang dibutuhkan serta pelatihan dari Dekranas untuk para pengrajin di daerah sangat dibutuhkan.

Ketua Umum Dekranas Mufidah Jusuf Kalla menyampaikan, dalam rangka peningkatan pendapatan masyarakat Dekranasda mempunyai kewajiban dalam membina masyarakat pengrajin dalam meningkatkan mutu produk dan memasyarakan hasil kerajinan kreatif tersebut untuk dipasarkan.” Kegiatan ini juga sebagai ajang para ketua dekranasda provinsi untuk saling berbagi antara sesama pengurus dekranasda se Indonesia baik kabupaten/kota,” ungkapnya

“Kita harus bangga karena tinggal di Indonesia ini berlimpah dengan sumberdaya alamnya. Untuk itu, ini lah tugas dari para pengurus dekranasda baik pusat provinsi dan kabupaten/kota untuk memanfaatkan sumberdaya ini untuk bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan akhirnya akan meningkatkan taraf ekonomi para keluarga di Indonesia,” sambungnya.

Ketua umum juga menyampaikan bahwa para ketua dekranasda provinsi dan kabupaten/kota berkewajiban untuk membantu tugas suami sebagai kepala daerah untuk memajukan daerahnya masing masing.

Sementara itu Ketua Harian Dekranas Emi Tjahjo Kumolo menyampaikan ucapan terima kasih bagi Ketua Dekranasda provinsi dan kabupaten/kota telah ikut datang untuk mengikuti acara yang penuh makna dan sangat penting dalam memajukan kerajinan yang berada didaerah.” Diharapkan daerah terus membina pengrajin yang berada didaerah untuk dapat membina agar daerah mempunyai produk unggulan yang bisa dijadikan khas daerah tersebut,” katanya.

Pada kesempatan ini semua ketua bidang menyampaikan program-program tugas dan fungsi masing-masing bidang.

Dan bagi para ketua dekranasda provinsi yang hadir akan diberikan piagam penghargaan melihat dari kehadiran para peserta diseluruh Indonesia hanya memenuhi 58 persen.

Pada kesempatan ini juga pihak Dekranas pusat memberikan piagam penghargaan bagi provinsi yang hadir dengan anggota terlengkap saat menghadiri Rakernas Dekranas dari 34 Provinsi se-Indonesia.

Dari ke 34 provinsi Dekranasda se Indonesia yang terlengkap hanya 4 dekranasda provinsi yang hadir dengan lengkap diantaranya Provinsi Kalimatan Utara, Provinsi Jambi, Provinsi Jawa Timur dan DKI Jakarta.

Piagam ini langsung diserahkan oleh Ketua harian Dekranas Emi Tjahjo Kumolo ke pada para Istri Gubernur yang dinyatakan terlengkap kepengurusannya yang hadir.

 

 

(Zalman Irwandi/Humas Prov).

Bagikan
HOT NEWS