Sun. May 26th, 2019

Sidang Perdana Gugatan ke PDAM Kota Jambi, YLKI Didampingi 16 Pengacara

Ketua YLKI Ibnu kholdun/net

Inilahjambi – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Jambi, pagi ini, Kamis 17 Januari 2019 akan menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Jambi.

Agenda gugatan terhadap PDAM Tirta Mayang terkait kenaikan tarif yang mencapai 100 persen.

Sebanyak 16 pengacara mengawal YLKI dalam membela hak warga Kota Jambi yang diciderai PDAM.

Baca Juga : Tanda Tangan Penolakan Kenaikan Tarif PDAM Kota Jambi Sepanjang 50 Meter

Ketua YLKI Jambi, Ibnu Kholdun, kepada Serujambi.com jaringannya inilahjambi.com, menyampaikan, gugatan perbuatan melawan hukum ini termasuk dalam ranah class action. Yakni, gugatan publik karena PDAM dinilai telah merugikan warga Kota Jambi sebagai konsumen PDAM Tirta Mayang (PDAM TM).

“Masyarakat sangat dirugikan dengan kenaikan tarif 100 persen oleh PDAM. Kita menduga ada perbuatan melawan hukum atas kebijakan PDAM ini,” tegas Ibnu Kholdun.

“Gugatan kita dikawal 16 pengacara. Sebenarnya kalau dihimpun lebih banyak lagi, soalnya mereka (pengacara, red) kan konsumen PDAM yang dirugikan juga,” sambungnya.

Ditambahkan, PDAM tidak punya dasar menaikkan tarif hingga 100 persen. Apalagi, tidak ada aturan di atasnya yang mengatur perihal kenaikan tarif 100 persen itu.

Baca Juga : Ketua DPRD Kota Jambi M Nasir: Berhentikan Dirut PDAM

“Harusnya kan ada payung hukum dari atas ke bawah. Misal dari Permendagri hingga Perwal, ini yang kita gugat, perbuatan melawan hukum oleh PDAM,” tutupnya.

 

 

Sudah dibagikan