SKPD di Batanghari Bakal Ditambah, Pejabatnya Akan Dikurangi

Inilahjambi, BATANGHARI – Pemerintah Kabupaten Batanghari memutuskan akan menambah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah di kota itu. Sehingga menjadi 32 SKPD.

Di sisi lain bakal ada juga pengurangan pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemkab Batanghari.

“Pengurangan dan penambahan ini dilakukan sesuai amanat Pasal 232 ayat 1 UU Nomor 3/2014 tentang Pemerintahan Daerah dan PP Nomor 18/2016 tentang perangkat daerah,” kata Plt Sekda Batanghari H Bakhtiar, Jumat 26 Agustus 2016.

Proses ini, lanjut dia, juga sesuai dengan rancangan peraturan daerah (ranperda) tentang perubahan susunan perangkat daerah yang saat ini sedang digodok di DPRD Batanghari.

Dalam usulan di ranperda tersebut, diusulkan untuk jabatan eselon II akan bertambah dari sebelumnya 31 kini menjadi 32 SKPD, namun eselon III berkurang yakni dari 108 menjadi 98 posisi. Eselon IV akan bertambah dari 435 menjadi 472 posisi jabatan.

Bakhtiar menjelaskan, sistem yang digunakan untuk menggolongkan perubahan melalui skor dan evaluasi guna melihat tipe bidang yang ada di setiap SKPD.

“Seperti untuk dinas ESDM kewenangannya akan ditarik ke Pusat, Dinas Kehutanan di Kabupaten Batanghari akan bergabung dengan dinas lain karena terdapat Tahura,” ujarnya.

Untuk bidang aset, keuangan, tata ruang, pasar dan beberapa bidang lainnya akan bergabung dengan dinas yang dikategorikan berdasarkan tipenya.

Sementara itu ketua Badan Legislatif DPRD Batanghari Alpandi menjelaskan, pembahasan ranperda ini akan terus dilakukan dan selesai akhir Agustus 2016, karena Perda ini akan dilaksanakan awal tahun 2017.

 

 

 

 

(Syahreddy)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Mari bersama menghargai karya jurnalistik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

SOROTAN