Taman Nasional Berbak-Sembilang Masuk dalam Daftar Biosfer UNESCO

Foto: Istimewa. “Indonesia telah mengintegrasikan rencana aksi Man and Bioshphere (MAB) ke dalam program nasional

Inilahjambi – Taman nasional Berbak -Sembilang masuk dalam daftar Biopshere Reserves UNESCO.bersama Taman Nasional Betung Kerihun Danau Sentarum di Kalimantan Barat, dan Rinjani di Nusa Tenggara Barat.

Artinya tiga kawasan tersebut telah diakui sebagai daftar biosfer dunia. Keputusan tersebut diambil dalam sidang ke-30 International Coordinating Council of the Man and Biosphere Programme (ICC-MAB) di Palembang, Rabu 25 Juli 2018

Hingga kini, ada 700 cagar di 120 negara dalam daftar biosfer dunia. Dengan ditambahnya tiga taman nasional dalam daftar itu, berarti ada 14 cagar Indonesia yang diakui Biosphere Reserves UNESCO.

Sidang ICC-MAB berlangsung pada 23-28 Juli dan dihadiri oleh 401 delegasi dari 50 negara. Perwakilan Indonesia dipimpin oleh Delegasi Tetap RI untuk UNESCO, Duta Besar Hotmangaradja Pandjaitan, yang didampingi oleh para pejabat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, LIPI, Kementerian Luar Negeri, dan KBRI Paris. Perlu diketahui, sekretariat utama UNESCO berada di Paris.

“Indonesia telah mengintegrasikan rencana aksi Man and Bioshphere (MAB) ke dalam program nasional. Indonesia juga akan terus mengembangkan cagar biosfer baru,” papar Hotmangaradja dalam pidatonya.

Program Man and Biosphere (MAB) telah ada sejak 1971 dan merupakan forum ilmiah untuk mempromosikan konservasi lingkungan, keanekaragaman hayati, dan pembangunan berkelanjutan.
Dengan menggabungkan aspek lingkungan dengan sosial, ekonomi, dan pendidikan, MAB bertujuan menyejahterahkan masyarakat tanpa mengesampingkan keseimbangan ekosistem lingkungan hidup.

 

(Sumber: Antara)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN