Zumi Zola Akan Legalkan PETI dengan Perda

Inilahjambi – Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan pihaknya akan melakukan pemetaan wilayah untuk pertambangan masyarakat yang ada izin.

Pemprov Jambi, kata Zola, akan membuat Perda soal pertambangan tersebut. Dengan lebih dulu berkonsultasi dan meminta izin ke kementerian terkait dulu.

“Kita akan beri masyarakat wilayah khusus pertambangan yang berizin, tapi ini prosesnya panjang, kita akan meminta ijin kepada RT/RW dan kementrian yang terkait,” ujar Zola usai rapat tertutup dengan jajaran pimpinan daerah di Jambi, Senin 18 April 2016.

Menurut Zola, kegiatan PETI telah banyak memakan korban jiwa dan merugikan pemerintah daerah. Selain bisa membunuh spesies ikan di sungai, peti juga membuat air sungai tercemar.

Pemprov Jambi akan kuncurkan dana bersama Pemkab untuk membiayai tim terpadu yang terdiri dari Pemprov, Bupati dan tokoh masyarakat untuk mengawasi aktivitas PETI di lapangan.

“Pemprov dan Pemkab akan kucurkan dana untuk membiayai tim terpadu dalam mengawasi aktivitas peti di lapangan,” tegas zola

Rapat tersebut dihadiri Ketua DPRD Provinsi Jambi, beberapa Kepala Daerah Kabupaten/Kota dalam provinsi Jambi, Kapolda, Danrem dan SKPD lingkup Provinsi Jambi.

Ditegaskan Zola, oknum penyuplai bahan bakar dan alat berat ilegal bagi penambang peti, akan ditindak tegas.

Diakui Zola, daerah paling tinggi aktivitas peti yakni Kabupaten Bungo, Sarolangun dan Merangin.

 

Baca juga:

 

(Zalman Irwandi)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Mari bersama menghargai karya jurnalistik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

SOROTAN
error: OPPPS, MAU NGAPAIN? Konten ini dilindungi !!