Tanjabtim Daerah Peduli HAM

Didi Hariadi

Jangan Lupa Berbagi

Inilahjambi – Kabupaten Tanjung Jabung Timur menerima penghargaan sebagai daerah peduli hak asasi manusia (HAM). Wapres Jusuf Kala secara langsung menyerahkan penghargaan tersebut kepada Wabup Tanjabtim H Robby Nahliyansyah, Selasa 11 Desember 2019 di gedung Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM Jalan Rasuna Said Kavling 76 Jakarta.

Dari tujuh parameter penilaian kelompok hak dan implementasi aksi HAM dua tahun belakang, Tanjabtim diberikan nilai 85,27 poin.

Untuk kelompok Hak, Tanjabtim diberi nilai 491,89 poin. Sedangkan untuk implementasi diberi nilai 15. Kelompok hak sendiri meliputi hak pendidikan, hak kesehatan, hak perempuan dan anak, hak kependudukan, hak pekerjaan, hak perumahan dan hak lingkungan berkelanjutan.

Sedangkan kelompok implementasi diukur dari aksi yang selama ini dilaksanakan khususnya tahun 2017 hingga 2018.

Wabup Robby mengatakan sebagai daerah dengan masyarakat multi etnis upaya pemenuhan hak – hak warga oleh Pemkab Tanjabtim selama ini tidak ada kendala. Sejumlah parameter peduli HAM tersebut sebetulnya adalah kerja – kerja rutin pemerintah yang memang terus menjadi prioritas selama ini.

Contohnya pemenuhan hak pendidikan dan kesehatan. dua sektor ini selalu mendapat perhatian serius selain infrastruktur. Begitu pula kependudukan, perempuan dan anak serta hak pekerjaan dan lingkungan berkelanjutan. Di setiap program terkait, subsektor di atas selalu menjadi ouput atau sasaran program kegiatan yang dilaksanakan oleh OPD terkait.

Dengan diberikannya penghargaan ini, semakin memacu semangat aparatur masing-masing bidang terkait untuk bekerja lebih baik. penghargaan ini juga sebagai garansi Kabuapten Tanjabtim adalah daerah yang ramah pada dunia investasi, ramah pada upaya pengembangan berbagai bidang serta ramah pada kehidupan yang heterogen sekalipun.

 

 

Jangan Lupa Berbagi
SAKSIKAN VIDEO DI BAWAH INI: Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021-2022 Yayasan Jami' Al Falah Jambi
SOROTAN