Usia 101 Tahun, Jurnalis Foto Perempuan dari Jepang ini Masih Aktif

Inilahjambi, JEPANG – Dunia jurnalis Jepang rasanya tidak mungkin tidak mengenalnya. Adalah Tsuneko Sasamoto (101), jurnalis foto perempuan pertama di Jepang yang masih aktif hingga sekarang. Karier pertamanya dimulai ketika berusia 25 tahun dengan perhatian utamanya adalah gambar-gambar pra dan pascaperang Jepang.

Sasamoto lahir pada 1 September 1914. Selain menjadi jurnalis foto perempuan pertama, ia adalah salah satu jurnalis foto tertua di negeri yang terkenal dengan kedisiplinannya itu. Ia tetap menjadi fotografer hingga sekarang meski tangan dan keduanya sudah tidak bisa berfungsi sempurna lagi.

Ia kini tengah menjalani masa rehabilitasi sembari memotret bunga-bunga untuk sebuah proyek berjudul “Hana Akari” alias “Bunga Cahaya”, sebagai penghargaan bagi teman-temannya yang sudah meninggal.

Seperti dilaporkan oleh Zaikennews, rasa ingin tahu bawaan telah mendorongnya untuk terus bekerja. “Takut, tapi penasaran. Tidak suka tapi ingin melihatnya. Saya merasa terdorong untuk menghadapi dunia dan membiarkan orang tahu apa yang saya lihat, hanya ingin mengambil mengambil gambar,” ujar Sasamoto, seperti di kutip Intisari.com
(BUDHIONO)

Bagikan
HOT NEWS