Waduh, Baru Usia 30-40 Tahun Polisi Merangin Sudah Banyak yang Gendut

Inilahjambi, MERANGIN – Jumlah anggota polisi yang memiliki kelebihan berat badan alis gemuk di wilayah hukum Polres Merangin ternyata cukup banyak.

Kapolres Merangin AKBP Munggaran mengambil kebijakan membuat program OW (over weight) bagi polisi yang mempunyai berat badan melebihi kewajaran.

Selasa siang 14 Maret 2016 puluhan polisi yang berasal dari berbagai satuan di Merangin mengikuti olah raga sore seperti maraton di halaman perkantoran Bupati Merangin.

Hal tersebut dilakukan dalam upaya menurunkan berat badan para anggota kepolisan.

“Saya mengeluarkan kebijakan dengan mewajibkan seluruh anggota kepolisian yang memiliki berat badan berlebih untuk mengikuti program penurunan berat badan dengan olah raga tambahan setiap Selasa dan Jumat sore,” kata AKBP Munggaran.

Polisi yang masuk dalam kategori Over Weigh adalah mereka yang memiliki berat badan kurang ideal.

Rumus berat badan ideal adalah, tinggi badan dikurangi 110, maka akan menghasilkan Kilogram berat badan ideal. Kebanyakan dari anggota polisi yang mengalami Over Weight masih berusia 30-40 tahun.

Langkah penurunan berat badan tersebut sengaja diambil guna mengurangi resiko penyakit yang biasa menghampiri para pemilik tubuh tambun.

“Kalau gemuk, pasti banyak penyakitnya, seperti kolesterol, darah tinggi, bahkan kelumpuhan,” tutur AKBP Munggaran.

Selain pertimbangan masalah kesehatan, faktor kesigapan para anggota polisi dalam menangani permasalahan keamanan juga menjadi faktor pertimbangan.

Polisi yang bertubuh gemuk dianggap akan lebih sulit bergerak dan berlari. Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya program ini, para polisi tersebut bisa menurunkan berat badannya menjadi lebih proporsional agar dapat mempermudah geraknya dalam menangani dan menangkap penjahat.

Terpisah Wakapolres Merangin Kompol Ferri Ferdian di sela-sela maraton saat di wawancarai awak media juga mengatakan hal yang senada, di katakanya marathon ini adalah salah satu untuk kesehatan jasmani anggota.

“Mungkin nanti ada polisi yang ingin ikut pendidikan lagi. Jika gendut kan tidak bisa masuk, jadi hari ini kita meraton keliling kota bangko ini untuk mengurangi lemak pada tubuh polisi yang kurang proposinal,” singkat Ferdian.

 

 

(Kil)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN