Zola Dorong Penggunaan Alat Membuat Karet Sit Angin Untuk Petani Karet

Inilahjambi , Kota Jambi – Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli tengah melakukan upaya peningkatan harga karet ditingkat petani yang dalam beberapa waktu belakang ini masih anjlok, masyarakat provinsi Jambi umumnya menggantungkan perekonomian dari karet, dengan harga yang tidak begitu menggembirakan bahkan terus bertahan dilevel bawah menjadi perhatian serius Gubernur untuk segera meningkatkan kualitas dan harga karet yang menjadi harapan masyarakat.

“Perlu intervensi pemerintah (perhatian) agar harga karet tetap stabil,” ungkap Gubernur Jambi.

Usai memimpin rapat terkait peningkatan kualitas dan harga karet serta presentasi yang disampaikan Yana Mahasiswa Unja dan petani karet Desa Muhajirin Muaro Jambi Sugito tentang pengolahan karet yang dihadiri Kadis Perindag, Kadis Perkebunan, Kepala Bappeda,Kepala BPMD PP, Gapkindo, Asosiati Petani, Akademisi, serta pihak yang terkait di Ruang Kerja Gubernur Jambi, Senin (10/10/16), H. Zumi Zola menegaskan prioritas pembangunan selain infrastruktur juga perekonomian rakyat menjadi perhatian penting untuk segera ditingkatkan dengan program yang tepat dan berhasil guna,”Kita sudah membuat program kerja akan dianggarkan 2017,ekonomi masyarakat menjadi hal yang penting, mengolah karet sit angin dengan alat dapat meningkatkan harga karet,”jelas Zola.

Gubernur bahkan menyampaikan Provinsi Jambi bisa menjadi contoh terkait dengan pengolahan karet yang saat ini telah dikerjakan masyarakat Muhajirin Muaro Jambi dengan membuat sarung tangan, karet gelang, keset kaki, meskipun masih dalam produksi yang belum begitu banyak,”Saya selalu mengatakan karet di Jambi menjadi contoh di Desa Muhajirin harga lebih tinggi daripada yang lain dan kita mendorong hutan karet menjadi kebun karet, saat ini produksi masih rendah,kualitas karet lebih banyak karet kotor daripada yang bersih,” ujar Zola.

Disamping mendorong pengunaan alat membuat karet sit angin, Gubernur juga menghimbau seluruh pihak yang terkait melakukan upaya yang saling mendukung, peningkatan perkebunan karet produktif, perkuat asosiasi petani karet, serta pengusaha dibidang karet ikut mendukung upaya pemerintah meningkatkan kualitas karet serta taraf hidup petani karet,”Untuk karet buatkan konsepnya, kita minta bukan hanya dari pemerintah saja, gapkindo, petani, pihak kabupaten dapat melakukan tugasnya masing masing, karet kita banyak yang keluar seperti Medan, Padang dan kita upayakan dapat diolah lebih baik di Jambi,” tegas Zola.

Rapat terkait pengolahan dan peningkatan harga karet menjadi harapan masyarakat Provinsi Jambi yang selama ini menunggu kebijakan pemerintah dengan program bantuan dan pembinaan petani serta pihak pengusaha yang mendukung akan produksi dan nilai jual petani semakin baik kedepan dengan kejelasan harga yang menggembirakan akan menambah semangat petani karet di Provinsi Jambi meningkatkan produksi.

(Renny N/Humas Prov)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Mari bersama menghargai karya jurnalistik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

SOROTAN