Zola Keluhkan DAK Tahun 2018 Dari Pemerintah Pusat untuk Jambi Minim

Inilahjambi – Gubernur Jambi Zumi Zola mengeluhkan minimnya Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat melalui APBN 2018 untuk pembangunan berbagai proyek infrastuktur di Jambi.

Keluhan tersebut disampaikan Zola dalam pertemuan dengan sejumlah  anggota Komisi V DPR RI di ruangan VIP Bandara Sultan Thaha Syaifuddin Jambi, Selasa 31 Oktober 2017.

Menurut Zola, usulan program dan kegiatan Tahun 2018 diantaranya DAK Bidang Jalan Penugasan Rp73,7 Milyar, Jalan Reguler Rp301,4 Milyar, Irigasi Penugasan Rp83 Milyar, Alokasi APBN Tahun 2018 Bidang Jalan dan Jembatan sebesar Rp773,35 Milyar, Alokasi APBN Tahun 2018 Bidang Sumber Daya Air sebesar Rp857,8 Milyar.

Dari 3 tahun terakhir, kata Zola, untuk DAK Bidang Jalan dan Irigasi sangat kecil dibandingkan dengan kebutuhan yang diusulkan, bahkan untuk DAK Bidang Perhubungan Tahun 2017 tidak dialokasikan lagi.

“Kebutuhan daerah yang menjadi kewenangan Pusat seperti jalan dan jembatan pada ruas-ruas jalan nasional dan daerah irigasi dan rawa yang bahkan untuk tahun 2018 sangat minim sekali alokasinya, sehingga penanganan daerah irigasi dan rawa kami butuhkan untuk ikut mendukung salah satu prioritas nasional yaitu kedaulatan pangan,” kata Zola dalam keterangannya yang dirilis Humas Provinsi Jambi, Selasa 31 Oktober 2017.

Guna melaksanakan berbagai program dan kegiatan pembangunan di Provinsi Jambi, kata Zola, dibutuhkan anggaran yang cukup besar selain anggaran yang bersumber dari APBD juga sangat diharapkan adanya tambahan Dana Alokasi Khusus dan APBN.

“Kita ketahui bersama bahwa untuk mendapatkannya sangat dibutuhkan dukungan Pemerintah Pusat dan khususnya dari Komisi V DPR RI,” jelas Zola.

Wakil Komisi V DPR RI, Sigit Sosiantomo bersama rombongan menegaskan perlunya kerjasama antar kementerian termasuk perjuangan dari anggota DPR RI Dapil Jambi memperjuangkan pembangunan untuk Provinsi Jambi.

“Ada dua anggota Komisi V dari Jambi ini, yani Haji Bakri dan Saniatul Lativa yang akan memperjuangkan juga kerjasama antarkementerian, diharapkan mampu secara bersama membangun Jambi,” kata Sigit.

 

 

 

 

 

(Muhammad Ikhlas)

Bagikan
HOT NEWS