Antisipasi Musim Hujan yang Berindikasi Banjir, 4 Kampung di Tanjabtim Mulai Bersiaga

Inilahjambi, MUARASABAK – Perkiraan intensitas hujan yang cukup tinggi oleh BMKG pada akhir Oktober ini perlahan mulai dirasakan di sejumlah daerah.

Guyuran hujan lebat tersebut di Kabupaten Tanjabtim, biasanya langsung berdampak dengan luapan air sungai dan serta merta akan meredam sejumlah desa.

Untuk mengantispasi banjir tahunan tersebut, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Tanjabtim sudah menyiapkan diri.

”Ada 3 desa dan 1 kelurahan yang setiap tahunnya menjadi langganan banjir. Dan sejak beberapa tahun lalu kita sudah membentuk tim. Kalau di desa namanya Kampung Siaga Bencana,” kata Asman Daydy, Kepala Disosnakertrans Tanjabtim.

Perkiraan Asman, banjir tahun ini bisa-bisa melebihi banjir tahun kemarin. Karena menurut dia,musim kemarau yang cukup lama dan bisa jadi intensitas hujannya akan lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

”4 desa yang kita tetapkan sebagai Kampung Siaga Bencana yaitu, Desa Rawasari, Desa Rantau Makmur, Kelurahan Simpang dan satu lagi Desa Kuala Dendang,”ujar Asman Daydy.

Dan, pihaknya,lanjut dia, akan menyiapkan bufferstock untuk kepentingan masyarakat yang tempatnya terkena bencana banjir.(ij-ono)

Bagikan
HOT NEWS