Begini Kriteria Ideal Gubernur Jambi yang Diinginkan Publik Menurut Pengamat

DR Dedek Kusnadi

Inilahjambi – Pemilihan Gubernur Jambi 2020 tampaknya bakal seru. Banyak calon kandidat yang berusaha menarik simpati rakyat. Sudah banyak yang mulai memaparkan program, visi misi dan jargon.

Menurut pengamat politik DR Dedek Kusnadi M.SI.MM, ada beberapa kriteria ideal bagi seorang calon Gubernur Jambi yang diinginkan publik.

Pertama, kata Dedek, dia harus mempunyai menajemen yang baik untuk diri sendiri dan masyarakat.

Baca juga: Syarif Fasha: Kalau Bos Kota Jambi Maju Pilgub, Warganya Pasti Pilih!

“Kedua, mereka harus selalu memutuskan keputusan yang bijak demi kepentingan umum. Segala tindak tanduknya harus disusun dengan baik dan penuh strategi. Sebagai leader semua keputusan tentunya berpihak kepada publik bukan kehendak pribadi,” kata Dedek kepada Inilahjambi, Jumat 17 Januari 2020.

Ketiga, lanjutnya, mampu berkomunikasi dengan baik dan efektif. Seorang pemimpin yang baik tentunya menyadari pentingnya kemampuan berkomunikasi.

“Masyarakat masih trauma dengan kasus OTT kepala daerah tempo hari. Ke depan, tentunya masyarakat ingin rekam jejak calon yang baik dan bertanggung jawab,” ujarnya.

Kelima, dengan visi misi serta jargon yang dikeluarkan mungkinkah dapat memberi daya tarik masyarakat akan memilih dan simpatik terhadap calon gubernur tersebut

Keenam, setiap calon gubernur Jambi adalah putra terbaik Provinsi Jambi.

Untuk itu, kata Dedek lagi, kita berharap para calon yang akan bersaing dalam pemilihan gubernur untuk tidak terjebak dalam syahwat kekuasaan yang cenderung ambisius curang dan kolutif.

Lihat: Diundang HIPMI Pusat ke Jakarta, Al Haris Sempatkan Lobi Menteri Untuk Bangun Jambi

Melihat potensi provinsi yang bisa dikembangkan lebih berkemajuan, mandiri, sejahtera dan makmur.

Dalam konteks itu, kita sebagai masyarakat mengharapkan proses pemilihan gubernur Jambi 2020 dapat memenuhi kriteria pilkada yang berkualitas diselenggarakan secara profesional jujur dan adil sehingga terpilih gubernur Jambi yang sesuai pilihan hati nurani masyarakat.

“Intinya, kriteria idealnya yakni memiliki konsep kerja yang jelas, bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme, memiliki rekam jejak yang bagus, sehingga kembali mendapat kepercayaan publik untuk memilih calon gubernur,” pungkas dia.

HOT NEWS