Budayawan Radhar Panca Dahana Meninggal Dunia

Radhar Panca Dahana

Radhar Panca Dahana

Budayawan Radhar Panca Dahana Meninggal Dunia


Inilah Jambi – Budayawan Radhar Panca Dahana meninggal dunia.
Radhar meninggal dunia malam ini, pukul 20.00 WIB, Kamis 22 April 2021.

Tokoh teater sekaligus pengarang buku itu meninggal di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

“Telah berpulang malam ini pukul 20.00 adik saya tercinta Radhar Panca Dahana di UGD RS Cipto Mangunkusumo,” tulis kakak Radhar Panca Dahana, Radhar Tribaskoro, melalui akun Facebook-nya.

Radhar Tribaskoro meminta doa untuk sang adik yang telah berpulang. Dia juga meminta agar kesalahan Radhar Panca Dahana dimaafkan.

“Mohon maaf atas semua kesalahan dan dosanya. Mohon doa agar ia mendapat tempat yang terbaik di sisiNya. Aaminn YRA,” lanjutnya.

Baca juga:


Anak Dipangku Kemenakan Dibimbing Oleh Nurul Fahmy

“REALITAS kita hari ini adalah pemerkosaan anak-anak di bawah umur; ayah menghamili anak, anak digauli ibu, ibu melecehkan anak-anak, anak mencabuli teman, paman menyetubuhi keponakan….” ucap Budayawan Radhar Panca Dahana, Selasa 21 Juni 2016 di Tempoa Kafe, Jelutung, Kota Jambi,

Jarum jam sudah di angka 22.32. Tidak ada musik di tempat itu. Hanya suara percakapan silih berganti dari orang-orang yang berhadap-hadapan di meja yang tersusun memanjang. Percakapan terdengar serius. Tekanan suara kadang meninggi.

“Kalian tahu? Data Komnas Perlindungan Anak mencatat ratusan kasus pelecehan seks terhadap anak.” Dia terdiam sesaat, dan kemudian melanjutkan, “tahukah kamu, siapa pelakunya?” tanyanya serius.

Pegiat teater ini memandang keliling ke beberapa anak muda yang berkerumun bersamanya.  “Pelakunya, anak-anak di bawah umur, remaja tanggung. Bagaimana ini bisa terjadi? Dimana Negara? Dimana keluarga?” ucapnya.

Malam itu Radhar tidak spesifik berbicara soal realitas kehidupan yang menyeret anak-anak sebagai objek sekaligus subjek kekerasan seksual di Indonesia. Dia bicara soal kebudayaan hari ini. Soal realitas. Realitas yang terlepas dari buhul kearifan lokal. Realitas manusia Indonesia yang tercerabut dari akarnya baca selengkapnya

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN