Pemeritahan Segera Cairkan THR PNS Senilai Rp 30,6 Triliun

Menteri Keuangan Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani

Pemeritahan Segera Cairkan THR PNS Senilai Rp 30,6 Triliun


Inilah Jambi – Pemerintah menyiapkan anggaran Rp 30,6 triliun untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) PNS pada 2021 ini. THR ini akan diberikan kepada PNS 10 hari jelang Lebaran. Lebih cepat dibandingkan karyawan swasta.

“Dibayar H-10 sampai H-5 (Lebaran), biasanya bertahap,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam konferensi pers, Kamis, 22 April 2021.

Sementara karyawan swasta, baru akan mendapat THR H-7 sampai H+1 Lebaran. Ini sesuai dengan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah yang diumumkan pada 13 April 2021.

Adapun anggaran Rp 30,6 triliun ini terbagi dua. Sebanyak 15,8 triliun untuk PNS pusat dan Rp 14,8 triliun untuk PNS daerah.

Anggaran ini juga lebih besar dari beberapa tahun sebelumnya. Pada 2020, anggaran THR PNS mencapai Rp 29,3 triliun. Sementara pada 2019 yaitu sebesar Rp 20 triliun.

Sri Mulyani yakin pembayaran THR ini akan berdampak pada konsumsi saat lebaran nanti. Sebab, kata dia, Rp 30,6 triliun adalah nominal yang cukup besar bila dibandingkan dengan realisasi belanja pemerintah pusat pada kuartal I 2020 yang sebesar Rp 350 triliun.

“Apakah memberi dampak positif, pasti,” kata dia.


Pemerintah Siapkan Rp 29 Triliun Untuk THR, Ini Daftar PNS Penerimanya

 

Baca juga:

Inilah Jambi – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengirim surat kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo pada 30 April 2020.

Dalam surat, seperti dilansir CNBC Indoensia, Sri Mulyani mengungkapkan perlu dilakukan peninjauan ulang kebijakan belanja negara tahun 2020, termasuk pemberian THR. Ini karena negara sedang fokus menangani pandemi Covid-19.

Nantinya, yang mendapatkan THR hanyalah PNS level eselon III ke bawah. Dan perlu ditekankan, besaran THR ‘ikutan tidak normal’. Baca selengkapnya 

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN