Sun. Dec 8th, 2019

Desa Air Batu Resmi Sebagai Desa Wisata di Merangin

Foto Insert 1: Kabid Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata Provinsi Jambi, Sundari SE
Foto 2: Ketua Panitia sekaligus Kepala Seksi Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat pada Bidang Pengembangan Destinasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Bram Satria Alta Nasution Bram, S. Ip, MM, memberikan sambutan.

Inilahjambi – Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata meresmikan Desa Air Batu sebagai Desa Wisata baru di Kabupaten Merangin.

Peresmian ini ditandai dengan penandatangan prasasti dalam kegiatan Festival Batanghari pada Sabtu 21 September 2019 di Kawasan Taman Tanggo Rajo.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jambi Ujang Hariadi, melalui Kepala Bidang Pengembangan Destinasi, Sundari, mengatakan, mereka juga menggelar kegiatan apresiasi Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) di desa Air Batu itu pada 18 September 2019.

Baca juga: Disbudpar Provinsi Jambi Gelar Pembinaan Desa Wisata di Desa Air Batu Merangin

“Kegiatan apresiasi ini berupa sarasehan dan penandatanganan prasasti peresmian Desa Wisata Air Batu oleh Gubernur Jambi,” kata Ujang.

Dipaparkan Ujang, Desa wisata adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku.

“Adapun komponen utama yang harus dimiliki desa wisata adalah akomodasi dan atraksi. Kedua hal ini telah dimiliki oleh Desa Air Batu,” katanya lagi.

Lihat juga: Pembinaan Desa Wisata di Desa Pulau Tengah Jangkat Merangin

Atraksi yang dimaksud, lanjut Ujang, dapat berupa seluruh kehidupan keseharian penduduk setempat, beserta setting fisik lokasi desa yang memungkinkan berintegrasinya wisatawan dengan masyarakat.

“Atrakasi dapat berupa kursus tari, bahasa, kuliner tradisional dan lain-lain yang spesifik,” tutupnya.

Hadir sebagai narasumber sarasehan di Desa Air Batu yakni, Dian Octorina dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta, Roy Mardianto Praktisi Pariwisata Jambi, dan Kabid Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata Provinsi Jambi, Sundari SE.

Sudah dibagikan