Harga Cabai Merah di Angso Duo Naik 100 Persen, Disperindag Kota Jambi Tak Bersuara

Inilahjambi, KOTA JAMBI – Harga bahan pokok di Kota Jambi menjelang Natal dan Tahun Baru melonjak naik, salah satunya harga cabai merah.

Pantauan di Pasar Angso Duo, Rabu 23 Desember 2015, harga cabai merah mencapai Rp35-40 ribu, naik 100 persen dari harga sebelumnya yang berkisar Rp15 ribu perkilo.

Menurut seorang pedagang di Angso Duo, kenaikan harga dipicu tingginya permintaan cabai karena memasuki Natal dan Tahun Baru. Stok langka karena musim hujan juga jadi penyebab mahalnya cabai merah.

“Kurangnya pasokan cabe merah dari petani karena musim hujan membuat pedagang memanfaatkan untuk menaikan harga cabe, ditambah lagi mau Natal dan Tahun Baru inilah momen yang dimanfaatkan pedagang,” ujar Rifai, Rabu 23 Desember 2015.

Data Sistem Informasi Harga Komoditas (Sikok) Bank Indonesia Perwakilan Jambi, pada 23 Desember 2015 ini mencatat, terjadi penurunan harga Rp1.000 dari hari sebelumnya, yakni Rp45 ribu ke Rp44 ribu untuk komoditas cabai merah keriting.

Sementara itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jambi tidak memberikan komentar apa-apa terkait kenaikan harga bahan pokok ini.

Alih-alih menjawab, Kepala Dinas Perindag, Komari yang dihubungi Selasa 22 Desember tidak mengangkat panggilan telepon.

Sekretaris Disperindag, M Yasir, mengaku tidak dapat memberikan kepastian langkah Pemerintah Kota Jambi menanggulangi kenaikan harga cabai ini. Sebab yang berwenang menyatakan itu adalah Kepala Dinas, bukan dirinya.

“Saya tidak dapat memberikan pernyataan apa-apa. Itu bagian Kepala Dinas. Kepala Dinas yang harus menjawab langkah-langkah yang akan diambil Pemkot Jambi mengatasi persoalan itu,” kata Yasir, melalui telepon selulernya.
(Zalman Irwandi)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN