Inilah Kuliner Khas Jambi yang Terkenal

Inilah Jambi

Inilah Jambi

Jangan Lupa Berbagi

Inilah Kuliner Khas Jambi yang Terkenal


Inilah Jambi– Sebagai daerah yang memiliki sungai terpanjang di Sumatera, Jambi kaya akan kuliner berbahan dasar ikan. Uniknya, ada beberapa kuliner yang ada hanya saat bulan suci Ramadan atau musim Lebaran saja. Seperti beberapa jenis makanan berikut ini.

Ikan Senggung

Ikan senggung berbahan dasar ikan gabus atau ikan toman. Ikan yang sudah dibersihkan dan diberi bumbu dimasukkan ke dalam bambu sepanjang satu meter. Setelah itu bambu tersebut dibakar di atas api yang kecil, nyaris lebih mirip diasapi.

Menu ikan senggung biasanya hanya ada restoran khusus yang menjual menu tradisional Jambi. Harganya terbilang cukup tinggi dibanding makanan biasa lainnya. Seporsi ikan senggung isi ikan gabus dihargai Rp 55 ribu. Sementara untuk isi ikan toman bisa lebih mahal lagi.

Gangan Palapa

Gangan palapa merupakan menu prestisius pada zamannya. Menu ini menjadi penanda status sosial masyarakat Jambi pada zaman dahulu. Gangan palapa juga berbahan dasar ikan, baik ikan toman, gabus atau patin.

Menu makanan ini hampir mirip pindang, proses masaknya cukup sederhana namun membutuhkan kecermatan tinggi. Gangan palapa merupakan makanan sehat karena dalam proses memasaknya tidak menggunakan minyak ataupun santan. Dalam penyajiannya biasanya dilengkapi dengan lalapan segar serta sambal khas Jambi, sambal bacan.

Temphoyak Jambi

Sama seperti Palempang, Jambi juga memiliki menu kuliner yang berbahan ikan dan durian ini. Temphoyak Jambi biasanya terbuat dari ikan gabus, patin maupun toman. Banyaknya ikan dan durian di Jambi menjadikan menu makanan ini amat populer di daerah ini. Saat musim Lebaran tiba, menu makanan ini sudah wajib dihidangkan. Menu ini juga banyak terdapat di berbagai rumah makan khas Jambi.

Setiap singgah di daerah orang tak lengkap apabila tak membawa buah tangan atau oleh-oleh. Sebagai salah satu daerah Melayu di Sumatera, oleh-oleh Kota Jambi hampir mirip dengan daerah tetangga seperti Palembang di Sumatera Selatan atau Pekanbaru di Provinsi Riau.

Pempek Jambi

Siapa yang tak kenal pempek. Makanan ini mungkin lebih dikenal sebagai makanan khas Palembang. Namun jangan salah, pempek Jambi memiliki cita rasa tersendiri yang tentunya khas Jambi. Pada masa lalu, pempek Jambi merupakan menu prestisius yang hanya disajikan saat acara-acara besar, seperti pernikahan atau jamuan keluarga kerajaan.

Yang paling khas dan diyakini warga Jambi, kuah cuka pempek Jambi tidak membuat gigi rusak. Ini karena kuah cuka pempek Jambi tidak terbuat dari cairan cuka, namun berbahan gula dan asam jawa serta beberapa bumbu lainnya. Sama seperti di Palembang, pempek Jambi juga banyak dijual berbagai gerai oleh-oleh di Kota Jambi.

Otak – Otak

Menu makanan ini sudah sangat populer di masyarakat. Namun tidak ada salahnya mencicipi otak-otak khas Jambi. Sama seperti pempek, otak-otak juga banyak dijual di berbagai gerai atau toko oleh-oleh di Jambi.

Lempok Durian

Pohon durian adalah salah satu pohon yang banyak tumbuh di Sumatera, tak terkecuali di Jambi. Banyak sekali durian berusia ratusan tahun di daerah ini. Sama seperti daerah lain di Sumatera, lempok durian juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Jambi yang banyak dijual di berbagai toko oleh-oleh di daerah ini.

Dodol Nanas

Siapa tahu jika Jambi merupakan salah satu sentra nanas di Sumatera. Sentra nanas di Jambi berada di daerah Tangkit, Kabupaten Muarojambi. Ribuan hektar nanas terdapat di daerah ini. Sebagian besar petani nanas di Tangkit adalah para perantau, khususnya dari Sulawesi Selatan. Dodol nanas juga sudah sangat familiar di Jambi, berbagai toko oleh-oleh menjual makanan ini.

Kopi AAA

Kopi AAA sebenarnya adalah merek sebuah produk kopi olahan. Namun kopi ini sudah sangat terkenal, khususnya bagi warga Jambi atau para pendatang yang sudah lama tinggal di kota ini. Kekhasan kopi ini adalah hanya di produksi di Jambi dan tak ada di daerah lain.

Hampir setiap warga yang singgah atau akan bepergian di Kota Jambi selalu membawa kopi AAA sebagai oleh-oleh khas Jambi. Kopi AAA banyak dijual di berbagai toko oleh-oleh maupun warung-warung di Kota Jambi.

Baca juga:

(Sumber: liputan6.com)

Jangan Lupa Berbagi
SAKSIKAN VIDEO DI BAWAH INI: Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021-2022 Yayasan Jami' Al Falah Jambi
SOROTAN