Weew, Nasi Gemuk Kuliner Andalan Jambi Disorot Secara Nasional

Inilah Jambi

Inilah Jambi

Jangan Lupa Berbagi

Weew, Nasi Gemuk Kuliner Andalan Jambi Disorot Secara Nasional


Inilah Jambi Nasi Gemuk kuliner andalan Jambi tampaknya menjadi salah kuliner khas yang disorot oleh tim Ekspedisi Langit Nusantara yang dilakukan oleh Detik.com.

Dalam salah satu laporannya, pada Kamis 21 April 2016, tim ini menuliskan khasnya nasi gemuk dari bumi Rang Kayo Hitam ini.

Disebutkan, menu sarapan ini sudah populer sejak tahun 1970an. Asal usul nama nasi sendiri tidak diketahui secara pasti. Namun banyak yang menyebut alasannya karena nasi berminyak dan menggunakan santan dalam jumlah besar. Lebih banyak dibandingkan nasi uduk.

Penggunaan santan itulah yang menjadi kunci rasa gurih nasi gemuk. Selain santan, ada tambahan berbagai bumbu lain pada pembuatan nasi seperti daun salam, daun pandan, serai dan daun jeruk.

Agar rasanya makin nikmat, nasi gemuk juga diberi bumbu halus. Antara lain campuran bawang merah, bawang putih, lada, ketumbar dan jintan.

Tentu nasi gemuk kurang pas dimakan begitu saja. Perlu lauk pelengkap yang jadi ciri khasnya. Diantaranya irisan telur dadar, telur rebus, mentimun, bawang goreng, sambal dan kerupuk.

Kari ayam atau sapi, kacang tanah dan ikan teri goreng juga sering ditambahkan dalam nasi gemuk. Tak ketinggalan siraman kuah kari. Hmm.. sedap!

Mencari nasi gemuk di Jambi tentu tak sulit. Karena termasuk kuliner favorit, sehingga mudah ditemukan dimana saja. Banyak juga tersedia di pasar ataupun kedai kopi dengan harga ramah di kantong.

Baca juga:

(Olivia Admira)

Jangan Lupa Berbagi
SAKSIKAN VIDEO DI BAWAH INI: Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021-2022 Yayasan Jami' Al Falah Jambi
SOROTAN