Plt Bupati Merangin Mashuri: Satgas Covid-19 Harus Gerak Cepat

Jangan Lupa Berbagi

Plt Bupati Merangin Mashuri: Satgas Covid-19 Harus Gerak Cepat


Inilah Jambi – Satgas Covid-19 Kabupaten Merangin harus bergerak cepat, menanggulangi dan melakukan pencegahan terhadap virus Corona yang kian mewabah di Bumi Tali Undang Tambang Teliti.

Hal tersebut ditegaskan Plt Bupati Merangin Mashuri pada rapat mendadak Satgas Covid-19 di Aula 2 Kantor Bupati Merangin, menyusul ada enam orang warga Kota Bangko yang positif hasil swab Covid-19, Selasa (06/10).
‘’Kita harus cepat mengantisipasi merebaknya kasus baru Covid-19 ini. Kita akan kembali mengaktifkan Posko Terpadu Covid-19 mulai Rabu (7/10) ini petugas harus siap siaga,’’tegas Mashuri.
Posko Terpadu itu jelas Plt bupati, terdiri beranggotakan Kepolisian, TNI, Brimob, Satpol PP, Perhubungan, Perkim, Kesehatan dan instansi lainnya yang akan bahu-membahu melakukan penanggulangan dan pencegahan Covid-19.
Ditanya dari klaster mana enam orang warga yang positif hasil swab Covid-19 tersebut? Dijelaskan Mashuri, keenam orang warga itu merupakan klaster dari pasien Covid-19 yang meninggal beberapa  hari lalu.
‘’Kita akan isolasi keenam orang ini di Rumah Sakit Daerah (RSD) Kol Abundjani Bangko, karena statusnya sudah pasien Covid-19, sehingga sudah menjadi tanggungjawab rumah sakit,’’ terang Plt Bupati  Merangin.
Alhamdulillah lanjut Plt bupati, keenam orang warga Kota Bangko itu akan datang sendiri ke rumah sakit untuk menjalankan isolasi dan pengobatan. Jika tidak mau datang sendiri, akan dilakukan penjemputan paksa.
Kabarnya dari keenam orang itu ada petugas rumah sakit? Plt bupati menjelaskan, benar ada salah satu pasien Covid-19 itu tenaga medis dan perawat, yang sebelumnya mengurus pasien Covid-19 yang meninggal beberapa waktu lalu.
Lalu bagaimana dengan pelayanan kesehatan RSD Kol Abundjani sekarang ini? Tokoh warga Merangin asal Jawa ini menegaskan, pelayanan RSD Kol Abundjani Bangko berlangsung seperti biasa.
Hanya saja terang Mashuri, untuk ruang ICU pelayanannya sudah ditutup dan ruang Polo Dalam sudah sepekan lalu tidak lagi bertugas. Tapi seminggu kemudian ruang ICU dan Poli Dalam akan dibuka kembali.

Mashuri Tinjau Lokasi Pemakaman Pasien Covid-19


Inilah Jambi – Plt Bupati Merangin Mashuri bersama Dandim 0420/Sarko  Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis dan Wakapolres Merangin Kompol Eddy Inganta, meninjau lokasi pemakaman pasien suspect Covid-19, Rabu (30/9).

Lokasi pemakaman yang ditinjau Mashuri juga bersama sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait itu, lokasinya di belakang Taman Makam Pahlawan Patriot Bhakti Merangin.

‘’Lahan ini luasnya sekitar empat hektar. Lokasi ini merupakan Pemakaman ASN dan Pemakaman umum yang belum terisi. Kita telah tetapkan lokasi ini sebagai pemakaman pasien suspect Covid-19,’’ ujar Plt Bupati.

Disekeliling lokasi pemakaman tersebut lanjut H Mashuri, telah dikelilingi oleh kebun sawit milik warga. Lokasinya dianggap pas untuk pemakaman pasien suspect Covid-19, karena jauh dari pemukiman warga.

‘’Nanti kita turunkan alat berat untuk meratakan lokasi pemakaman ini. Jadi pasien suspect Covid-19 yang meninggal dunia atas persetujuan keluarganya, sudah bisa dimakamkan di lokasi ini,’’terang Mashuri.

Para pimpinan OPD yang turut hadir memantau lokasi pemakaman pasien suspect Covid-19 itu, Kadis Kesehatan Abda’i, Kadis Ketahanan Pangan Selamet dan Kadis Perkim Sardaini.

Baca juga:

 

(rdc/hms)
Jangan Lupa Berbagi
SAKSIKAN VIDEO DI BAWAH INI: Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021-2022 Yayasan Jami' Al Falah Jambi
SOROTAN